Penggunaan Buku-Buku Bahan Ajar dalam Pembelajaran Pahasa Arab untuk Kelas Tujuh di MTs N Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018

Sakinah, Rahajeng Ayu and Dr. Hj., Khoiriyah, M.Ag (2018) Penggunaan Buku-Buku Bahan Ajar dalam Pembelajaran Pahasa Arab untuk Kelas Tujuh di MTs N Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
RAHAJENG AYU SAKINAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan Buku-Buku Bahan Ajar, Pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan buku-buku bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas tujuh di MTs N Bendosari Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan buku-buku bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas tujuh di MTs N Bendosari Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan buku-buku bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas tujuh di MTs N Bendosari Sukoharjo tahun 2017/2018 Metode penelitian ini adalah penelitian deksriptf Kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi dalam validasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaksi yang melampaui peneliti dalam tiga tahap yaitu membuat data memberikan data dan mengambil kesimpulan. Waktu penelitian ini dilakukan sejak bulan Agustus hingga Desember 2017. Tempat penelitian ini adalah di MTs Negeri Serang Mulur Bendosari Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Arab, siswa kelas tujuh dan informan penelitian adalah, kepala sekolah, waka kurikulum, guru Bahasa Arab lain dan siswa kelas tujuh lain. Hasil penelitian ini sebagaimana didefinisikan dalam analisis data yang diberikan oleh para peneliti, dalam pengajaran penggunaan buku-buku bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas tujuh di MTs Bendosari Sukoharjo terdiri dua tahap. Tahap persiapan dan tahap praktis. Adapun tahap persiapan guru mempersiapkan pelajaran, sarana dan materi sebelum memasuki kelas. Adapun periapan kegiatan, guru mempersipkan kosakata baru, guru memberikan sebuah pertanyaan kepada para siswa sebagai gantinya. Jika siswa tidak bisa menjawab soal, maka guru memberikan punishmment sehingga dia mampu menjawabnya. Ketika kegiatan pembelajaran dikelas, siswa menghafal dan mengulang-ulang mufrodat dengan suara yang keras. Kemudian guru meberikan sebuah metode yang digunakan adalah Metode Kalimat. Yaitu guru menampilkan sebuah kalimat pendek dikartu, kemudian membacanya yang diikuti oleh siswa. Guru membandingkan dua kalimat tersebut sehingga diketahui perbedaan dan persamaan. Selain itu, guru juga mengurai kata tersebut kedalam huruf-huruf yang membentuknya. Jadi, urutan metode ini adalah dari kalimat ke kata, kemudian ke huruf.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item