Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Muatan Lokal Untuk Pemula kelas XII di SMAN 1 Sambungmacan, Sragen tahun Ajaran 2017/2018

Maisyaroh, Nurul and Dr. H., Ahmad Fauzi, M.A (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Muatan Lokal Untuk Pemula kelas XII di SMAN 1 Sambungmacan, Sragen tahun Ajaran 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL MAISYAROH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Pembelajaran muatan lokal bahasa arab,Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang penting untuk di pahami oleh muslim, karena bahasa arab merupakan bahasa al quran dan bahasa agama islam. Pembelajaran muatan lokal bahasa arab untuk pemula di SMAN 1 Sambungmacan perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa arab. Dengan pembelajaran bahasa arab diharapkan siswa di SMAN 1sambungmacan mendapatkan pengetahuan tentang bahasa arab dan mampu membaca, menulis dan memahami arti bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran muatan lokal bahasa arab untuk mubtadiin di sman 1 sambungmacan sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 sampai bulan Maret 2018 yang bertempat SMAN 1 Sambungmacan, Sragen. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa arab di SMAN 1 Sambungmacan, Sragen. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Perencanaan pembelajaran mutan lokal bahasa arab di sman 1 Sambungmacan, Sragen adalah : perencanaan diantaranya adalah persiapan metode, media, alokasi waktu pembelajaran. Kedua adalah Pelaksanaan pembelajaran bhs arab di sman 1 , Sambungmacan, Sragen sebagai berikut : pelaksanaan di bagi empat tahapan doa pembuka, ceramah keagamaan, materi pembelajaran, evaluasi dan penutup. Ketiga adalah evaluasi, evaluasi dilakukan setiap kali pertemuan, tengah semester, dan akhir smester . Evaluasi dilakukan dengan ujian praktik dan tertulis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item