Implementasi Strategi Diskusi Kelompok Kecil Pada Pelajaran Muthalaah Kelas Dua B KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018

Latifah, Lailla and Dr., Saiful Islam, M.Ag (2018) Implementasi Strategi Diskusi Kelompok Kecil Pada Pelajaran Muthalaah Kelas Dua B KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
LAILA LATHIFAH.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Muthalah, Strategi Diskusi Kelompok Kecil Penelitian ini membahas tentang Strategi Diskusi Kelompok Kecil Pada Pelajaran Muthalaah Kelas Dua B KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018. Sedangka permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi yang aktif jarang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman Implementasi Strategi Diskusi Kelompok Kecil Pada Pelajaran Muthalaah Kelas Dua B KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018, serta factor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelirian Kualitatif yang dilakukan di KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta selama 6(enam) bulan dimulai pada Bulan Oktober sampai dengan Bulan April 2018. Subyek penelitian adalah pengajar Muthalaah kelas 2 (dua) KMI. Sedangkan informan penelitiannya Direktur KMI Putri dan Waka Pengajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan prnarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Implementasi Strategi Diskusi Kelompok Kecil Pada Pelajaran Muthalaah Kelas Dua B KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam berjalan lancar dengan pembagian kelompok sampai penjelasan dan klarifikasi dari pengajar. Factor pendukungnya adalah Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, kelengkapan siswa, dan adanya kamus. Sedangkan faktor penghambatnya siswa terlalu banyak bercanda, kurangnya waktu, kurangnya jumlah siswa di kelas, siswa tidak lengkap, dan tidak ada kamus.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item