Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Arab dengan Menggunakan Buku Gemar Membaca Al-Qur’an “Al Ihsan” Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ihsan

Qonitah, Fatimah and Dr., Saiful Islam, M.Ag (2018) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Arab dengan Menggunakan Buku Gemar Membaca Al-Qur’an “Al Ihsan” Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ihsan. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FATIMAH QONITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Arab dengan Menggunakan Buku Gemar Membaca Al-Qur’an “Al Ihsan” Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ihsan Tahun 2016/2017. Masalah dalam pembahasan ini adalah Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Arab. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ipaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab kelas dua dengan menggynakan buku Gemar Membaca Al qur’an “Al Ihsan” SDIT Al Ihsan Colomadu Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini dimulai dari Bulan September 2017 sampai dengan November 2017 tempat penelitian dilaksanakan SDIT Al Ihsan Colomadu. Subjek penelitian yakni Guru bahasa Arab dan Murid kelas 2 dan informan penelitian Guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Adapaun metode pengumpulan data dari penelitian ini antara lain: Metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Metode keabsahan dala dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi yaitu peneliti membandingkan hasil observasi dengan hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara terhadap hasil dokumentasi. Diketahui bahwa Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Arab dengan Menggunakan Buku Gemar Membaca Al-Qur’an “Al Ihsan” dimana penulis buku tersebut adalah Guru SDIT Al Isan sendiri. Materi di dalam buku ini terdapat huruf-huruf hijaiyyah yang acak. Pada halaman pertama buku inipun sudah berbeda dengan buku lain dan pengajarannya dengan metode membaca keras. Langkah-langkah upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf arab yakni Guru memberi huruf-huruf hijaiyyah dengan acak. Guru menyampaikan materi huruf-huruf hijaiyyah dengan keras lalu murid membacanya dengan keras juga .Guru mengulang simbol-simbol huruf hijaiyyah dan membacanya dengan membaca keras. Setelah itu guru memberi materi dari buku Al Ihsan dan murid membaca apa yang diberikan oleh guru dengan bacaan yang keras. Murid membaca buku Gemar Membaca Al Qur’an Al Ihsan halaman demi halaman. Lalu murid-murid dapat membacanya sendiri dengan bacaan yang keras dan guru mendengakan bacaanya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item