Kemampuan Siswa kelas X dalam Menerjemahkan Teks Arab pada Pembelajaran Kitab Taqrib di MA NU Gesi Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fitriyo, Ani and Dr., Saiful Islam, M.Ag (2018) Kemampuan Siswa kelas X dalam Menerjemahkan Teks Arab pada Pembelajaran Kitab Taqrib di MA NU Gesi Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ANY FITRIYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Menerjemahkan, Pembelajaran Kitab Taqrib Pembelajaran terjemah di MA NU Gesi Sragen diajarkan secara terpisah dan juga diajarkan secara menyatu pada pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran terjemah diajarkan secara tersendiri pada pembelajaran Taqrib( kitab yang dikaji berisikan tentang fiqh). Kaitannya dengan penerjemahan, banyak siswa yang masih sulit dalam menerjemahkan. Di antara kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah: kesalahan kosa kata, kesalahan dalam mengalihkan makna teks, siswa kurang tertarik dalam kegiatan penerjemahan, banyak siswa yang belum menguasai kaidah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang diterapkan dalam menerjemahkan teks Arab pada pembelajaran kitab Taqrib , untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks Arab ke dalam bahasa Indonesiadi MA NU Gesi Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Sementara sampel yang digunakan yaitu kelas X putra dan putri yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks Arab pada pembelajaran Taqrib masih rendah terbukti bahwa : Untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Hasil perhitungan tes dengan nilai tabel N = 16 dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil sebagai berikut, t hitung 252,61 dan t tabel 2,131. Sehingga 252,61 > 2,131, maka terbukti bahwa kemampuan siswa dalam menerjemahkan teks Arab dalam pembelajaran kitab Taqrib masih rendah. Terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan, maka disarankan untuk menerapkan strategi sorogan. Karena metode ini menekankan pada sistem kerjasama dan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:35
Last Modified: 25 Feb 2019 01:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item