PENGELOLAAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL JETIS III SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Susilawati, Rahayu and Dr., Yusuf Rohmadi M.Pd. (2018) PENGELOLAAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL JETIS III SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
RAHAYU SUSILAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengelolaan Motorik Halus Anak Usia Dini di ABA Aisyiyah Jetis III Sukoharjo, 2) Faktor Penghambat dalam melakukan Pengelolaan Motorik Halus Anak Usia Dini di ABA Aisyiyah Jetis III Sukoharjo, 3) Solusi yang diberikan terhadap penghambat dalam melaksanakan Pengelolaan Motorik Halus Anak Usia Dini di ABA Aisyiyah Jetis III Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di BA Aisyiyah Jetis III mulai bulan Februari sampai Maret 2018. Adapun subyek penelitian adalah kepala ABA. Informan penelitian antara lain : Wakil Kepala ABA, guru, dan Wali Murid. Teknik pengumpulan data, meliputi : Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode.Teknik analisis data menggunakan model interaktif,yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengelolaan Motorik Halus Anak Usia Dini di ABA Jetis III Sukoharjo dilakukan dengan Memberikan latihan kegiatan menyusun balok mainan, menggambar bebas, menggunting, mengajarkan memegang pensil dengan benar. Untuk, menentukan jenis kegiatan dalam pengelolaan motorik halus anak usia dini ini dengan menyesuaikan usia anak, semakin usianya bertambah maka tingkat kesulitanya juga lebih rumit, 2) Hambatan dalam melakukan Pengelolaan Motorik Halus Anak Usia Dini di ABA Jetis III Sukoharjo; Anak berusaha untuk menghindari semua pekerjaan atau tugas yang menggunakan kemampuan jari dan tangan; Anak sama sekali tidak tertarik dengan semua pekerjaan yang menggunakan keterampilan; Anak lebih senang untuk memerintah atau meminta tolong kepada orang lain untuk melakukan tugas ringan, termasuk seperti mengambil mainan; Anak sama sekali tidak bisa mengatasi berbagai masalah yang menantang; Anak memiliki kebiasaan untuk menunggu orang tua atau orang lain ketika akan melakukan aktifitas fisik, 3) Solusi untuk mengatasi hambatan : memberi mainan yang bisa membantu anak menggerakkan mainan dengan gerakan meremas dan menekan; Ajak anak untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan melukis; Berikan mainan seperti spondan air; Bantu anak untuk bermain dengan kerajinan seperti kertas; Bantu anak agar bias memegang pensil dengan benar; Bantu anak untuk bias melipat kertas dengan berbagai bentuk; Bantu anak dengan mainan dari karet atau tali. Bantu anak untuk menyusun mainan menggunakan bentuk yang lebih sederhana. Kata kunci : Pengelolaan, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item