MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK MASA REMAJA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) ‘AISYIYAH NGAWEN TAHUN 2017

Winarno, Sri and Dr., Moh. Bisri, M.Pd., (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK MASA REMAJA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) ‘AISYIYAH NGAWEN TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SRI WINARNO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Manajemen pendidikan anak masa remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen Klaten tahun 2017, (2) Hambatan pelaksanaan manajemen pendidikan anak masa remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen Klaten tahun 2017, (3) Solusi manajemen pendidikan anak masa remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen Klaten tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen Klaten. Waktu penelitian : Januari – Februari 2018. Subyek penelitian : Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen Klaten. Informannya : Ketua Yayasan, pengasuh dan anak asuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif. Dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Manajemen Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen tahun 2017, yaitu ; (a) Perencanaan : menetapkan tujuan, menetapkan strategi, menetapkan kebijakan, menetapkan sarana prasarana, merumuskan ekstrakurikuler, dan pembiayaan, (b) Pengorganisasian : penetapan struktur organisasi, pengaturan jadwal, pembagian tugas, dan pembagian kelompok, (c) Peggerakan : menempatkan tenaga pengajar sesuai kemampuan, (d) Evaluasi : melaksanakan pre test dan pos test pada setiap pembelajaran dan melaksanakan rapat pengurus. (2) Hambatan yang ada di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ‘Aisyiyah Ngawen : (a) Jadwal dan pengajar tidak sinkron, (b) Tenaga pengajar sering ijin karena bersamaan acara, (c) Sumber dan bahan ajar sangat terbatas, (d) Tidak memiliki alat transportasi (mobil), dan (e) Anak asuh mengalami masalah pubertas, kenakalan remaja, pergi tidak ijin dan gangguan kejiwaan, (3) Adapun Solusinya yaitu; (a) Mensinkronkan antara jadwal dan tenaga pengajar, (b) Menyediakan tenaga pengajar pengganti atau cadangan, (c) Membeli buku-buku materi sesuai kebutuhan, (d) Pengadaan sarana transportasi dengan membeli alat transportasi (mobil) (e) Menambah hari atau jam untuk bimbingan konsling. Kata kunci : Manajemen, Pendidikan, Anak masa remaja.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item