MANAJEMEN KETERAMPILAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jamaliyah, Siti and Dr. M., Usman, M.Ag (2018) MANAJEMEN KETERAMPILAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SITI JAMALIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen keterampilan siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler (2) Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan manajemen keterampilan siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler (3) Solusi yang diberikan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan manajemen keterampilan siswa melalui kegiatan Ekstra kurikuler di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten. Pada bulan Nopember 2017 – Pebruari 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah manajemen keterampilan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada,sedangkan informan adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, guru, Pembina keterampilan ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakana triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles and Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan pembinaan keterampilan siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler, dimulai dengan planning, organizing, actuating ,controlling segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pembinaan keterampilan, selanjutnya disusun program kerja. Langkah kedua dengan mengelompokkan jenis keterampilan yang dipilih oleh peserta didik, Langkah ketiga dengan melaksanakan pembinaan keterampilan tersebut. (2) Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pembinaan keterampilan siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler, adalah dalam melaksanakan manajemen ekstrakurikuler, diantaranya yaitu waktu yang bersamaan dengan les akademik, kurangnya rasa tanggung jawab siswa, semangat siswa yang terkadang luntur karena lelah sudah seharian belajar di kelas. (3) Evaluasi dalam manajemen keterampilan tersebut dengan cara menciptakan kondisi agar berkenaan dengan manajemen kesiswaan, ada beberapa prinsip dasar yang harus mendapat perhatian: (a) Siswa diperlakukan sebagai subjek bukan sebagai objek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka. (b) Keadaan dan kondisi siswa sangat beragam, ditinjau dari kondisi fisik, kemampuan intelekual, sosial ekonomi, minat, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan wahana kegiatan yang beragam sehingga setiap siswa memiliki wahana untuk berkembang secara optimal. (c) Pada dasarnya siswa akan termotivasi belajar, jika mereka menyenangi apa yang diajarkan. (d) Pembangunan potensi siswa tidak hanya menyangkut ranah kongnitif, tetapi juga ranah afektif dan psikomotorik Kata Kunci : Keterampilan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item