MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER QUR’ANI DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ningsih, Listari Purwanti and Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd (2018) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER QUR’ANI DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
LISTARI PURWANTI NINGSIH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan harus mampu membentuk peserta didik yang memiliki kekuatanspiritual keagamaan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki karakter mulia berupa kesalehan individu dan sosial. Realitas menunjukkan bahwa tidak sedikit generasi bangsa ini secara intelektual baik namun spiritual dan karakternyaburuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter qur‟ani di MTs Muhammadiyah 1 Klaten.(2) Bagaimana keberhasilan manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter qur‟ani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018 pada bulan September 2017 sampai bulan Februari 2018. Subyek penelitian adalah kepala madasah, sebagai informan: wakil kepala bidang kurikulum dan tim kurikulum, guru, peserta didikdan wali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif model Milles dan Huberman yang mencakup tiga kegiatan bersamaan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Manajemen kurikulum di MTs Muhammadiyah 1 Klaten memiliki fungsi yang diarahkan pada pembentukan karakter qur‟ani, yaitu: Perencanaan kurikulum, pada perumusan tujuan kurikulum mencakup pembentukan karakter sebagaimana dalam al-Qur‟an dan hadis. Bentuk organisasi kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu (Integral Curriculum). Pada pelaksanaan kurikulum, model implementasikurikulum yang di gunakan mengembangkan model implementasi kurikulum Trust Opening Realization Independence (TORI). Dan evaluasi kurikulum, yaitu evaluasi formatif dan sumatif yang diarahkan menuju pembentukan karakter qur‟ani. (2) Manajemen Kurikulum di MTs Muhammadiyah 1 Klaten sudah sesuai dengan prinsip manajemen kurikulum sehingga tercapai tujuan dalam pembentukan karakter qur‟ani. Karakter qur‟ani yang terbentuk yaitu; karakter utama: jujur. Karakter dalam berinteraksi dengan orang lain: menjaga lisan. Karakter untuk sukses: hemat. Kata Kunci : Manajemen kurikulum dan pembentukan karakter qur‟an.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item