PENGARUH KOMPETENSI GURU, IKLIM ORGANISASIDAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Kurniasih, Lilik and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU, IKLIM ORGANISASIDAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
LILIK KURNIASIH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja 2) Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja, 3) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja, 4) Pengaruh kompetensi guru dan iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja, 5) Pengaruh kompetensi guru dan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja, 6) Pengaruh iklim organisasi dan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja, 7) Pengaruh kompetensi guru, iklim organisasi dan supervisi akademik terhadap kinerja guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis kuanitatif. Bertempat di UPTD Kecamatan Sukoharjo. Pada bulan Januari sampai Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini guru Mata pelajaran pendidikan agama Islam SD Negeri se-Kecamatan Sukoharjo sejumlah 50 guru. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 48,9%,. 2) Iklim organisasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 38,7%. 3) Supervisi akademik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 58,6%. 4) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara variabel independen (kompetensi guru, dan iklim organisasi) terhadap variabel dependen yaitu kinerja guru dengan kontribusi sebesar 55,6 %, 5) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara variabel independen (kompetensi guru dan supervisi akademik) terhadap variabel dependen yaitu kinerja guru dengan kontribusi sebesar 65,9 %, 6) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara variabel independen (iklim organisasi dan supervivi akademik) terhadap variabel dependen yaitu kinerja guru dengan kontribusi sebesar 62,8 %, 7) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara variabel independen (kompetensi guru, iklim organisasi dan supervisi akademik) terhadap variabel dependen yaitu kinerja guru dengan kontribusi sebesar 67,4 %. Kata kunci : Pengaruh, kompetensi guru, iklim organisasi, supeervisi kepala sekolah, kinerja guru

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item