BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK DISLEKSIA DI GRIYA BACA PELANGI SUKOHARJO

ATIKANDARI, MUTIAH YUNITA and Budi, Santoso, S.Psi (2018) BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK DISLEKSIA DI GRIYA BACA PELANGI SUKOHARJO. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
MUTIAH YUNITA ATIKANDARI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mutiah Yunita Atikandari, 13.12.2.1.115. Bimbingan Individu Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Membangun Kepercayaan diri Pada Anak Disleksia di Griya Baca Pelangi Sukoharjo. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta 2018. Kata Kunci: Bimbingan individu, Teknik Penguatan positif, Kepercayaan diri, dan Anak disleksia. Anak disleksia memiliki kesulitan belajar khusus pada membaca, mengeja, dan menulis. Ketika disleksia tidak cukup memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi permasalahannya maka timbul perasaan rendah diri. Untuk menangani permasalahan tersebut dibutuhkan bimbingan individu dengan teknik penguatan positif. Penanganan untuk membangun kepercayaan diri pada anak disleksia. Tujuannya agar anak disleksia memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu penelitian ini untuk mengetahui proses bimbingan individu dengan teknik penguatan positif untuk membangun kepercayaan diri pada anak disleksia di Griya Baca Pelangi Sukoharjo. Jenis penelitian mengunakan diskriptif kualitatif, diartikan peneliti mendiskripsikan hasil temuannya. Subjek penelitian ini adalah pembimbing di Griya Baca Pelangi Sukoharjo. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Metode analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan bimbingan individu dengan teknik penguatan positif pada anak disleksia di Griya Baca Pelangi Sukoharjo dapat membangun kepercayaan diri. Melalui proses menggali permasalahan dan mencari tahu kebutuhan dari anak disleksia. Kedua, penguatan positif diberikan setelah tingkah laku anak sesuai dengan intruksi-intruksi yang diberikan pembimbing. Ketiga, memberikan penguatan positif sesuai kebutuhan masing-masing anak. Keempat, Jenis penguatan positif yang diberikan kepada anak disleksia berbeda-beda meliputi makanan, aktivitas, tindakan sosial, dan hadiah. Hal ini ditunjang berupa teknik kartu, teknik cerita, teknik reward, serta dengan dukungan keluarga, mampu membantu membangun kepercayaan diri pada anak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:50
Last Modified: 20 Feb 2019 01:50
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item