STUDI KOMPARASI ETIKA BELAJAR PESERTA DIDIK MENURUT KITABALAALAA TANALUL ‘ILMA ILLA BISITTATIN DAN KITAB TANBIHUL MUTA’ALLIM

MUHTAR, WAHID RIYADI and Muh., Fajar Shodiq, M.Ag (2018) STUDI KOMPARASI ETIKA BELAJAR PESERTA DIDIK MENURUT KITABALAALAA TANALUL ‘ILMA ILLA BISITTATIN DAN KITAB TANBIHUL MUTA’ALLIM. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
WAHID RIYADI MUHTAR.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Wahid Riyadi Muhtar. 2018. Studi Komparasi Etika Belajar Peserta Didik Menurut Kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin dan Kitab Tanbihul Muta’allim. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta Pembimbing : Muh. Fajar Shodiq, M. Ag. Kata kunci : Etika, Belajar, Peserta Didik, Kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin, Kitab Tanbihul Muta’allim Latar belakang penelitian ini didasarkan pada analisis sementara peneliti tentang etika belajar peserta didik menurut kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin dan kitab Tanbihul Muta’allim. Bahwa kedua kitab tersebut memiliki persamaan dan perbedaan dalam membahas etika belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan persamaan dan perbedaan etika belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2018 hingga 14 Mei 2018. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun sumber data primer yaitu kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin karya Muhammad Abu Basyr ar Romawi dan kitab Tanbihul Muta’allim karya Ahmad Maysur Sindi At Tursidi. Sedangkan sumber data sekunder adalah data-data lain yang masih berkaitan dengan subyek penelitian. Metode pengambilan data dengan menggunakan studi pustaka, dan metode analisis data menggunakan teknik triangulasi.Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis data dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin dan kitab Tanbihul Muta’allim adalah kedua kitab tersebut membahas etika terhadap guru, sesama peserta didik, terhadap orang tua dan terhadap ilmu. Dalam proses pembelajaran, kedua kitab tersebut mengikuti aliran teori belajar behavioristik karena lebih berpusat kepada guru atau teacher centered. Adapun letak perbedaan antara kedua objek penelitian ini adalah jika dalam kitab Alaalaa Tanalul ‘ilma Illa Bisittatin tidak disebutkan metode-metode pembelajaran yang digunakan, sedangkan dalam kitab Tanbihul Muta’allim disebutkan lebih terperinci yaitu metode murojaah, diskusi dan musyawarah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item