PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PADA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Hariyanto, Tri and Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt (2018) PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH PADA SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
TRI HARIYANTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tri Hariyanto, 2018, Pendidikan Karakter Islam Melalui Kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah pada Siswa di MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islam, Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Masalah dalam penelitian ini adalah terhadap perkembangan pada anak. Anak-anak sekarang justru tidak lebih bahagia dibandingkan dengan anak-anak masa lalu. Sebaliknya, di awal usia dewasa mereka Sangat banyak diantara mereka yang lemah dan tidak disiplin, tenggelam dalam kesenangan yang didapat dari seks, narkoba, alkohol, konsumsi materi, dan terserap dalam media elektronik. Oleh karena itu MTs Muhammadiyah Tawangsari berupaya untuk meningkatkan pendidikan karakter Islam pada anak melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah dengan baik supaya para siswa tersebut mempunyai karakter yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter Islam melalui Esktrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dari bulan desember 2017 sampai dengan bulan Mei 2018 di MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah Pembina dan Pelatih ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018, informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter Islam melalui ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo, yaitu 1) bentuk-bentuk kegiatan yaitu persiapan, pendahuluan, Inti acara, dan diakhiri penutupan. 2) nilai-nilai pendidikan karakter Islam yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler diantaranya rajin dan taat beribadah kepada Allah SWT, bersyukur dan bertawakal, keteladanan, disiplin, bertanggung jawab, berani, rendah hati, percaya diri, dan jujur. 3) materi yang diajarkan berkaitan pendidikan karakter Islam yaitu materi do’a di awal dan penutupan latihan, materi keIslaman diantaranya Tauhid, Iman, Akhlak, dan sifat terpuji Rasulullah saw. 4) metode penerapan pendidikan karakter Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah ini diantaranya metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan motivasi, metode Reward dan Punishment.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item