PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBERIKAN KONSELINGISLAM PADA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH DESA LOROG KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

DANARA, NADIP and Drs., Suluri, M. Pd (2018) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBERIKAN KONSELINGISLAM PADA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH DESA LOROG KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Nadip Danara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nadip Danara (11.31.1.2.007), Maret 2018, Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Memberikan Konseling Islam Pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Kelurahan Lorog Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Konseling Islam. Masalah dalam penelitian ini adalahgejala-gejala penyimpangan perilaku yang terjadi pada diri peserta didik, seperti siswa suka bertindak kasar atau sadis pada temannya, kadang bicara kotor tanpa kendali, kurang sopan terhadap guru, tidak ikut jamaah sholat dhuha dan sholat dhuhur, dan tidak masuk kelas beberapa kali tanpa ijin lisan ataupun dengan surat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Memberikan Konseling Islam Pada Siswa MI Muhammadiyah Desa Lorog, Tawangsari Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Tempat penelitian ini di MI Muhammadiyah Kelurahan Lorog, Tawangsari Sukoharjo.Waktu penelitian pada bulan Desember 2017 - Maret 2018 Subjek penelitian ini adalah Guru Akidah Akhlak, Siswa kelas VI MI Muhammadiyah Lorog, Tawangsari. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran lain MI Muhammadiyah Lorog, Tawangsari. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi sumber. Sesuai dengan jenis dan pendekatan yang digunakan maka teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Peran Guru Akidah Akhlak dalam Memberikan Konseling Islam pada Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Kelurahan Lorog, Tawangsari, Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018 adalah Sebagai pembimbing guru akidah akhlak membimbing siswa agar berkata santun, berbuat dan bersikap sesuai ajaran agama, menuntun dan mengarahkan siswa yang bermasalah, melakukan pemanggilan orang tua siswa yang bermasalah dan juga home visit. Sebagai Motivator guru Akidah Akhlak adalah memberikan nasehat, arahan, latihan dan pembiasaan melakukan hal-hal yang baik/positif serta memberi reward dan punishmen. Sebagai Komunikator guru akidah terjalin komunikasi aktif antara guru dan siswa, guru menjelaskan materi, siswa menyimak dan bertanya kepada guru, serta guru berkomunikasi aktif dengan orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung ketika ada siswa yang bermasalah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item