PERANAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA DI MAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

MUSTAQIM, MUHAMMAD AMIRUL ALIF and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2018) PERANAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA DI MAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Amirul Alif Mustaqim.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muhammad Amirul Alif Mustaqim, Mei 2018, Peranan Guru PAI Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Pada Siswa di MAN Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. Kata Kunci : Peranan Guru, Budaya Literasi Kurangnya minat literasi di kalangan anak-anak terutama siswa menjadi perhatian utama di dalam ranah pendidikan. Guru sebagai pamong memiliki peranan yang sangat vital dalam hal ini.Tanggapan yang serius ini harus disejalankan dengan peranan guru.Pada MAN Sukoharjo memiliki beberapa peranan guru dalam meningkatkan budaya literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi pada siswa di MAN Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan di MAN Sukoharjo.Waktu penelitian dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai bulan Mei 2018.Subyek Penelitian ini adalah guru PAI.Informan penelitian yakni Waka Kurikulum, Petugas Perpustakaan, dan Siswa MAN Sukoharjo.Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk mengetahui Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Serta analisis data penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini ditemukan program literasi di dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).Di dalam dan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terdapat beberapa peranan guru diantaranya; supervisor, motivator, pembimbing, pendidik, inovator dan evaluator.Guru sebagai supervisor ialah guru yang mengawasi siswa literasi di dalam maupun luar KBM. Hal ini dilaksanakan agar siswa benar-benar melaksanakan literasi.Motivator ialah guru sebagai pemberi semangat dalam meningkatkan literasi pada siswa. Pembimbing yakni guru memberikan arahan yang sesuai bila siswa belum paham apa yang diliterasi dan memberikan bimbingan disaat mengikuti lomba-lomba. Pendidik yakni guru mendidik baik sikap maupun pengetahuan di manapun siswa berada agar lancar dalam literasi. Guru sebagai inovator adalah guru memberikan beberapa tugas-tugas literasi sebagai variasi dalam pembelajaran. Dan guru sebagai evaluator yakni guru yang mengevaluasi baik program, nilai dan sikap demi lancarnya budaya literasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item