PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SHALAT DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE DRILL SISWA TUNAGRAHITA DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN ANAK ANAK LUAR BIASA LANGENHARJO SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ulva, Mariya and Dr., Imam Makruf, M.Pd (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SHALAT DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE DRILL SISWA TUNAGRAHITA DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN ANAK ANAK LUAR BIASA LANGENHARJO SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
MARIYA ULFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mariya Ulva,143111136,2018,Pelaksanaan Pembelajaran Shalat Dengan Metode Demonstrasi dan Metode Drill Siswa Tunagrahita di SMP Yayasan Pendidikan Anak-Anak Luar Biasa (YPA-ALB) Langenharjo Sukoharjo, Tahun Pelajaran 20172018 Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, 21 Mei 2018. Pembimbing: Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Shalat, Metode Demonstrasi, Metode Drill, dan Siswa Tunagrahita Dalam penelitian ini adalah fokus masalah di SMP YPA-ALB Langenharjo Sukoharjo pada perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran shalat dengan metode demonstrasi dan metode drill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, proses dan evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran shalat dengan metode demonstrasi dan metode drill. Penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif yang dilakukan di SMP YPA-ALB Langenharjo Sukoharjo pada bulan Februari-Mei 2018.Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa, Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum di SMP YPA-ALB Langenharjo Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan data. Dan sudah terkumpul menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran shalat dengan metode demonstrasi dan metode drill di SMP YPA-ALB Langenharjo Sukoharjo adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode drill perencanaan dilaksanakan dengan mempersiapkan metode dan media yang akan di gunakan tanpa adanya RPP, dengan demikian masalah tanpa RPP dalam pembelajaran ini belum mendapatkan solusi (2) Proses pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pembukaan, isi dan penutup. Dalam pembukaan guru membuka dengan salam dan doa selanjutnya guru mulai menggunakan metode demonstrasi dengan memberikan contoh gerakan terlebih dahulu serta guru menggunakan metode drill dengan mengulang-ulang gerakan yang telah di ajarkan untuk membuat siswa tunagrahita terbiasa dalam pembelajaran shalat.3) Evaluasi dalam pembelajaran shalat terdapat dua evaluasi yaitu evalusi yang pertama setiap pembelajaran yang disampaikan dengan meminta siswa maju satu persatu setelah materi dalam satu pertemuan telah dilaksanakan, dan evaluasi yang kedua yaitu evaluasi yang laksanakan setalah semua materi pembelajaran shalat telah selesai, dari gerakan awal sampai akhir.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item