PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

SAPUTRA, M WISNU and Dr. H., Purwanto, M.Pd (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
M WISNU SAPUTRO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

M.Wisnu Saputra, 2018, Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. H. Purwanto, M.Pd Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqh Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa. Rendahnya prestasi belajar fiqh ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Cara yang ditempuh dalam penelitian ini untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran mata pelajaran fiqh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual. 2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. 3) Perbedaan prestasi belajar fiqh antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. 4) Perbandingan prestasi belajar fiqh antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah 7 kelas yang ada pada kelas VIII di MTs Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun sampelnya adalah 2 kelas VIII di MTs Negeri 2 Boyolali, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini mengunakan posttest-only control design dengan analisis t-test untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fiqh dari kedua kelas tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual berada pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 16,26. (2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah berada pada kategori sedang dengan rata-rata sebesar 13,85. (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran fiqh yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hal ini disebabkan karena berdasarkan analisis yang telah dilakukan, nilai dari t hitung lebih besar dari t tabel (3,036 > 1,997). (4) Prestasi belajar mata pelajaran fiqh siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kontekstual juga lebih tinggi dari pada prestasi belajar mata pelajaran fiqh siwa yang diajar menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata prestasi belajar yang menggunakan metode pembelajaran kontekstual yang lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode pembelajaran ceramah (16,26 > 13,85).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:46
Last Modified: 20 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item