PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HIDAYATI, FAUZIYAH and Dr., Moh. Bisri, M.Pd., (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS VIII DI MTs NEGERI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
FAUZIYAH HIDAYATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fauziyah Hidayati, 2014, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagodik Guru Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VIII Di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakata. Pembimbing : Dr. Drs. Moh. Bisri, M.Pd Kata kunci : Persepsi Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al -Quran Hadis. Hal ini terjadi karena masih adanya persepsi siswa yang kurang baik mengenai kompetensi pedagogik guru Al-Quran Hadis dilihat dari pengeloaan pembelajaran dan penguasaan kelas. Keadaan inilah yang mempengaruhi motivasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTs Negeri Boyolali. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al -Quran Hadis kelas VIII di MTs Negeri Boyolali, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar Al-Quran Hadis siswa kelas VIII di MTs Negeri Boyolali, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VIII di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasional yang dilaksanakan di MTs Negeri Boyolali. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2018. Siswa yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 372 siswa dan sampel yang digunakan adalah 194 siswa. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Proportionate stratified random sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa dan didukung dengan metode dokumentasi. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat. Tekhnik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kategori sedang. Sampel penelitian sejumlah 194 diperoleh 43 siswa (22,17%) dalam kategori rendah, sebanyak 125 siswa (64,43%) dalam kategori sedang, dan sebanyak 26 siswa (13,40%) dalam kategori tinggi. Rata-rata yang diperoleh adalah 69,85, median 70,14, modus 68,38, dan standar deviasi sebesar 8,66. (2) Motivasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VIII di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kategori sedang. Sampel penelitian sejumlah 194 diperoleh 39 siswa (20,10%) dalam kategori rendah, sebanyak 125 siswa (64,43%) dalam kategori sedang, dan sebanyak 30 siswa (15,47%) dalam kategori tinggi. Rata-rata yang diperoleh adalah 65,26, median 64,66, modus 63,62 dan standar deviasi 8,73. (3) Berdasarkan analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh rhitung sebesar 0,559 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=194 adalah sebesar 0,138. Sehingga rhitung 0,559 > rtabel 0,138 maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VIII di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Koefisien determinasi sebesar 0,5592 = 0,31%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas VIII di MTs Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 31%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item