UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI TPQ UMMU ABDILLAH DUSUN PINGKOK BERUK JATIYOSO KARANGANYAR TAHUN 2018

SUSILAWATI, EKA and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LANSIA DI TPQ UMMU ABDILLAH DUSUN PINGKOK BERUK JATIYOSO KARANGANYAR TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
EKA SUSILAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eka Susilawati, Mei 2018, Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Lansia di TPQ Ummu Abdillah Dusun Pingkok Beruk Jatiyoso Karanganyar Tahun 2018. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag, M.Ag Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur‟an, Lanjut Usia. Para lanjut usia saat ini diketahui bahwa mereka rajin mengerjakan ibadah sholat wajib, akan tetapi mereka belum bisa membaca Al-Qur‟an karena mereka buta huruf arab. Bacaan sholat yang mereka bisa juga dari hafalan karena tidak bisa membaca. Walaupun demikian, semangat para lanjut usia dalam belajar membaca Al-Qur‟an sangat bagus. Maka dari itu para pembimbing atau ustadz berusaha meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi lanjut usia serta memberikan kemudahan bagi para lanjut usia dalam belajar agar mereka tidak mengalami banyak kesulitan dan kesulitan tersebut dapat teratasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada lansia di TPQ Ummu Abdillah Dusun Pingkok tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di Majid Ummu Abdillah Dusun Pingkok pada bulan Januari - Mei 2018. Subjek penelitian ini adalah para pembimbing di TPQ Ummu Abdillah. Sedangkan informannya yaitu takmir masjid dan santri lanjut usia pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan para pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada lanjut usia antara lain (1) mengubah metode dari yang semula menggunakan metode iqro’ menjadi metode tsaqifa, (2) ketika memulai pembelajaran diberi contoh dahulu, contoh huruf tunggal dan huruf disambung serta bentuknya ketika disambung berada di awal, di tengah, dan di akhir, (3) sering mengulang-ulang huruf yang hampir sama bunyinya agar tidak tertukar maupun tidak dibaca sama, (4) materi atau halaman yang akan dipelajari dibaca berulang ulang dengan bimbingan ustadz/ustadzah, (5) menyetorkan bacaan secara individu dan bergantian, (6) dilakukan tes atau evaluasi yaitu secara individu dan bergantian dengan potongan ayat yang berbeda satu sama lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item