STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB-C YPSLB GEMOLONG, SRAGEN

PURNOMO, ANANTO ADI and Hery, Setiyatna, M. Pd (2017) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB-C YPSLB GEMOLONG, SRAGEN. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ANANTO ADI PURNOMO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ANANTO ADI PURNOMO, Agustus 2017. Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Tunagrahita Kelas VII Di SLB-C Gemolong, Sragen. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing :Hery Setiyatna, M.Pd Latar belakang penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis terkait masih minimnya kesadaran siswa untuk melakukan ibadah sholat dan mengaji di sekolah.hal tersebut terlihat dari data prestasi siswa kelas VII. Penulis menyimpulkan, bahwa ada permasalahan antara yang telah dibuat sekolah dengan kenyataan, misal masih sulitnya siswa diajak ke masjid ketika sudah waktunya sholat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dan pengembangan bagi guru-guru dan orang tua dalam mendidik dan membina karakter anak di sekolahan maupun di rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SLB YPSLB Gemolong Sragen. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) simpulan. Adapun penelitian ini memakai teknik analis data yaitu teknik trianggulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Tunagrahita Kelas VII Di SLB-C Gemolong, Sragen adalah dengan perencanaan sekolah yang matang dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder sekolah, penambahan jam pelajaran PAI untuk praktik, kerjasama yang baik dengan semua pihak di sekolah, pembiasaan dan kedisiplinan ibadah siswa, reward and punishment, peraturan yang tegas, danpara guru juga menanamkan keteladanan kepada siswa. Ada kegiatan pembinaan karakter religius di SLB YPSLB Gemolong Sragen, kegiatan keagamaan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang terdiri dari kegiatan sholat dhuha, dzikir, doa bersama, baca tulis, tadarus Al-Qur’an, dan praktik PAI.Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai penanaman pendidikan karakter religius bagi siswa SLB-C Gemolong, Sragen yang menyandang retardasi mental (tunagrahita), serta menyajikan dan menguraikan nilai-nilai apa saja yang ditanamkan, bagaimana metode yang digunakan, bagaimana tingkat keberhasilan yang dicapai serta menguraikan tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman pendidikan karakter Religius tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan kepada lapangan (field research). Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kata kunci: Karakter, Religius, Siswa Tunagrahita

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:45
Last Modified: 20 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item View Item