KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM SERAT SRIYATNA KARYA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA SRI MANGKUNEGARA IV

SYEFUDIN, AKHMAD and Hamdan, Maghribi, S.TH.I., M.PHIL (2018) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM SERAT SRIYATNA KARYA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA SRI MANGKUNEGARA IV. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
AKHMAD SYAEFUDIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhmad Syefudin, 2018. Konsep Pendidikan Karakter Anak Dalam Serat Sriyatna Karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing : Hamdan Maghribi, S.Th.I., M.Phil Kata kunci : Konsep, Pendidikan Karakter, Anak, Serat Sriyatna Melihat kehidupan sekarang ini banyak terjadi kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak yang masih dibawah umur baik dalam kegiatan formal maupun nonformal. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pendidikan belum sempurna. Oleh karena itu pendidikan harus diperketat agar hasilnya sesuai dengan harapan, khususnya dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter harus terus di jaga dan tingkatkan untuk membantu mengurangi kenakalan yang dilakukan oleh anak. Pendidikan karakter juga dapat diperoleh dari peninggalan nenek moyang seperti Serat Sriyatna karya Sri Mangkunegara IV. Serat Sriyatna ini mengandung nasihat-nasihat yang bagus untuk membekali kehidupan sekarang ini. Tetapi pada kehidupan sekarang ini jarang orang yang mempelajari peninggalan-peninggalan nenek moyang kita. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter anak dalam Serat Sriyatna karya Sri Mangkunegara IV. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Prosedur penelitian berdasarkan pada data-data kepustakaan, yang diambil dari sumber primer Serat Sriyatna karya dari Sri Mangkunegara IV. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Dokumentasi. Teknik keabsaha data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data yang digunakan Content Analysis. Hasil penelitian tentang Konsep Pendidikan Karakter Anak Dalam Serat Sriyatna Karya Sri Mangkunegara IV adalah, terdapat 1) Nilai-nilai pendidikan karakter seperti: cinta kepada Allah, syukur, tanggung jawab, mandiri, hormat, bekerja keras, berusaha, kewaspadaan, tolong menolong, jangan sombong. 2) Metode pendidikan yang paling berpengaruh terhadap anak seperti: metode perhatian/pengawasan, metode nasihat, metode, keteladanan. 3) Model-model pendidikan karakter seperti: knowing the good, feeling the good, acting the good.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:44
Last Modified: 20 Feb 2019 01:44
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item