PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENANAMAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMK BATUR JAYA 2 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

ANISA, AINUN and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2018) PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENANAMAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMK BATUR JAYA 2 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
AINUN ANISA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ainun Anisa, 2018, Penerapan Reward dan punishment dalam Penanaman Akhlak Mulia Siswa di SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten Tahun Ajaran 2017/2018, skripsi: program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Hj. Siti Choiriyah, S.Ag, M.Ag. Kata Kunci: Penerapan Reward dan Punishment, Akhlak Mulia Siswa Permasalahan akhlak anak usia remaja yang beragam. Menuntut sekolah untuk memiliki alat pendidikan yang efektif dan efisien untuk membentuk akhlak. Seperti halnya yang dialami SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten menerapkan reward dan punishmnet sebagai alat pendidikan agar anak memiliki akhlak mulia sesuai usia perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk serta Penerapan reward dan punishment dalam penanaman akhlak mulia siswa di SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten pada bulan Januari 2018 sampai dengan bulan Juni 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru PKN, Guru BP dan Siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode, serta dianalisis menggunakan teknis analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verification (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward dan punishment dalam penanaman akhlak mulia siswa di SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten digunakan sebagai alat pembinaan agar siswa memiliki akhlak mulia kepada Allah, kepada sesama manusia dan kepada lingkungan, serta menyadari bahwa setiap apa yang dilakukan pasti memiliki konsekuensi. Penerapan reward dan punishment dilakukan setiap saat dan boleh dilakukan oleh semua pendidik disesuikan dengan situasi dan kondisi siswa, dengan syarat reward dan hukuman yang diberikan bersifat mendidik tanpa ada unsur kekerasan melainkan melatih mental spiritual agar anak terbina secara jasmani maupun rohani. Bentuk reward yang diberikan terdiri dari simbol seperti pemberian nilai tambahan atau nilai plus.reward materil seperti pemberian uang jajan, alat tulis. reward non Materil seperti pujian, senyuman, tepuk tangan, acungan jempol, pemberian perhatian, pengakuan di depan umum, dan pemberian motivasi. Sedangkan bentuk hukuman yaitu pembinaan untuk memberikan kesempatan anak merasakan penyesalan seperti menulis atau membaca (istigfar, surat dalam Al-Quran, Surat Al-Fatihah, Solawat Nariyah, Asmaul Khusna, pancasila, lagu Indonesia Raya) sesuai dengan ketentuan Guru, diberikan tugas tambahan, solat taubat, berdiri selama beberapa menit, menulis surat pernyataan, menulis lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya. Punishment psikis seperti ditegur, dinasehati, meminta maaf kepada Guru atau teman yang bersangkutan, mendapat nilai akhlak rendah, pemanggilan orang tua dan dikembalikan kepada orang tua.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:44
Last Modified: 20 Feb 2019 01:44
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item