ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI PADA MAHASISWA IAIN SURAKARTA)

SULANDARI, ERLIN (2018) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI PADA MAHASISWA IAIN SURAKARTA). skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
ERLIN SULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelian ulang menjadi faktor penting bagi perusahaan. Hal ini terutama untuk meningkatkan penjualan. Telah menjadi pendapat umum bahwa jika konsumen merasa puas dengan produk atau merek, mereka cenderung untuk terus membeli dan menggunakan suatu produk. Dalam kasus penurunan penjualan smartphone Samsung pada Q4 2017, pelanggan tidak merasa puas terhadap upgrade fitur juga kualitas produknya. Sehingga dimungkinkan pelanggan enggan untuk melakukan pembelian ulang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang berupa angka – angka dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan, citra merek dan kepercayaan pelanggan terhadap niat pembelian ulang produk smartphone Samsung. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Surakarta yang menggunakan smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan kemudian didapatkan 120 responden yang menggunakan smartphone Samsung minimal 1 tahun. Variabel penelitian terdiri dari veriabel independen yakni kepuasan pelanggan (X1), citra merek (X2) dan kepercayaan pelanggan (X3). Sedangkan variable dependen adalah niat pembelian ulang (Y). Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang, sementara kepuasan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh pelanggan dalam pembelian ulang adalah citra merek dan kepercayaan. Kata Kunci : kepuasan pelanggan, citra merek, kepercayaan pelanggan, niat pembelian ulang, smartphone

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:47
Last Modified: 14 Feb 2019 02:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item