PENGARUH PROFITABILITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Firmansyah, Rizki Rahmat and Andraeny, Dita (2018) PENGARUH PROFITABILITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. skripsi thesis, IAIN ska.

[img]
Preview
Text
RIZKI RAHMAT F.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of profitability and good corporate governance (GCG) on firm value with corporate social responsibility (CSR) as a moderating variable. The method used is quantitative research methode. Population in this research is all companies that follow the corporate governance perception index (CGPI) program 2010-2014 of 30 companies. The sample in this research is 6 companies. The dependent variable from this study is the firm value (Y). For the independent variable include: profitability and good corporate governance (GCG). The method of data analysis used is moderated regression analysis (MRA). The results of this study showed that the profitability significantly affected on firm value. Good corporate governance (GCG) has no effect on firm value. Corporate social responsibility (CSR) does not moderate the relationship of profitability and good corporate governance (GCG) on firm value. The variable who have highest thitung score is the profitability. That means the firm value is driven by profitability. Keywords: profitability, good corporate governance (GCG), firm value, and corporate social responsibility (CSR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan good corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang mengikuti program corporate governance perception index (CGPI) periode 2010-2014 sebanyak 30 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan. Variabel dependen dari penelitian ini adalah nilai perusahaan (Y). Untuk variabel independen meliputi: profitabilitas dan good corporate governance (GCG). Variabel moderator adalah corporate social responsibility (CSR). Untuk metode analisis data dengan menggunakan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Good corporate governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Corporate social responsibility (CSR) tidak memoderasi hubungan profitabilitas dan good corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan. Variabel yang memiliki nilai thitung tertinggi adalah variabel profitabilitas. Artinya nilai perusahaan lebih didorong oleh profitabilitas. Kata kunci: profitabilitas, good corporate governance (GCG), nilai perusahaan, dan corporate social responsibility (CSR).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 08 Jan 2019 01:36
Last Modified: 08 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item