MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANSISWA DI MTSN KEPOH DELANGGU KLATENTAHUN AJARAN 2017/ 2018

NURCHASANAH, IIN and Mudofir, Mudofir (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANSISWA DI MTSN KEPOH DELANGGU KLATENTAHUN AJARAN 2017/ 2018. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
PDF FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang 1). Manajemen pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa diMTsN kepoh Delanggu yang meliputi: Perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan Pengawasan. 2). Hambatan atau kendala yang dihadapi dalam proses manajemen pengembangan profesionalisme guru. 3). Solusi terhadap hambatan yang ada. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini adalah MTsN Kepoh delanggu Klaten, dilakukan dari bulan april sampai juni tahun 2017. Adapun subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan informannya adalah guru, siswa, dan pendiri Madrasah. Metode pengumpulan data menggunakanmetode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan tekhnik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang manajemen pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa bahwasanya : 1) Proses manajemen diantaranya-Perencanaan, dilakukan oleh kepala sekolah selaku manajer di sekolah yakni dengan menganalisis program yang sudah ada yakni dengan menindaklanjuti program yang sudah berjalan seperti membuat program kerja yang dapat mengembangkan profesionalisme guru. - Pengorganisasian, kepala sekolah melakukannya dengan langkah memberikan mandat kepada bagian kurikulum untuk mengatur jadwal dan memberikan tugas mengajar pada guru sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. -.Pengkoordinasian, kepala sekolah memberikan kesempatan pada para guru untuk mengikuti kegiatan yang tujuannya mengembangkan profesionalisasi dalam mengajar, seperti : seminar , studi lanjut, workshop, dan sebagainya. - Pengawasan, yakni dengan adanya evaluasi terhadap program yang sudah terlaksana, dilakukan supervisi terhadap guru ketika sedang mengajar serta pembinaan 2).Adapun hambatan atau kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya sarana dan prasarana yang memadai serta pembiayaan, selain itu kurangnya kesadaran guru untuk melakukan pengembangan 3). Solusi terhadap hambatan yakni dengan cara membuat anggaran yang ditujukan untuk program pengembangan juga diadakan samirun atau iuran guru. Selain itu memberikan peluang pada guru untuk mengikuti program pengembangan. Kata kunci : Manajemen Pengembangan, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 28 Dec 2018 02:48
Last Modified: 28 Dec 2018 02:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item