PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX DI MTs NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Syafitri, Ika Nur Rahmah and Choiriyah, Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX DI MTs NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
IKA NUR R S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyak ditemukannya pelaksanaan pembelajaran yang masih kurang variatif, proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode tertentu (konvensional). Dalam pembelajaran SKI banyak siswa yang merasa kesulitan dan bosan, salah satu faktornya adalah karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses belajar, siswa lebih banyak mendengar dan menulis. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX di MTs Negeri 2 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Klaten pada bulan Maret-Agustus 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX, sedangkan informannya adalah Wakamad Kurikulum dan siswa-siswi kelas IXB. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisa menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi tiga kegiatan, yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran pada mapel SKI Kelas IXB di MTs Negeri 2 Klaten, menggunakan model discovery learning dengan tiga tahapan. Pada tahap perencanaan, guru mempersiapkan RPP, media dan sumber belajar. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan pendahuluan dengan mengucapkan salam, mengkondisikan siswa, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran; pada kegiatan inti, dilakukan (a)stimulation, guru menstimulasi siswa dengan memberikan sebuah materi atau gambar, siswa mengamati. (b)problem statement, guru memberikan kesempatan siswa untuk mengidentifikasi masalah dengan bertanya. (c)data collection, siswa diberikan pengalaman mencari alternatif pemecahan masalah dengan cara mengumpulkan data melalui kegiatan mencoba.(d)data processing, melatih peserta didik untuk menalar dan mengeksplorasi kemampuannya dengan mengolah data yang telah diperoleh.(d)verification dan generalization, siswa berdiskusi untuk membuktikan hasil jawaban dan membuat kesimpulan, kemudian mengomunikasikan hasil diskusinya melalui presentasi; pada kegiatan penutup, guru bersama siswa menyimpulkan, melakukan refleksi, penilaian, menyampaikan tugas dan materi yang akan datang, dan salam. Pada tahapan evaluasi pembelajaran ada beberapa penilaian, dimana dilihat pada hasil evaluasi harian menunjukkan nilai rata-rata siswa di kelas IXB sudah baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:59
Last Modified: 27 Dec 2018 03:59
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item