PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN KITAB FATHUL QORIB DI MADRASAH DINIYYAH SALAFIYYAH INFARUL GHOYYI BANGLE TANON TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rosita, Alvin Dika and Siti, Choiriyah (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN KITAB FATHUL QORIB DI MADRASAH DINIYYAH SALAFIYYAH INFARUL GHOYYI BANGLE TANON TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
AVIN DIKA R.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Avin Dika Rosita, 2018, Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib di Madrasah Diniyyah Salafiyyah Infarul Ghoyyi Bangle Tanon Tanon Sragen Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Kitab Fathul qorib Fiqih menjadi salah satu pondasi dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, Saat ini telah banyak buku maupun kitab yang membahas ilmu fiqih. Dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Diniyyah Infarul Ghoyyi salah satu bahan ajar yang digunakan adalah kitab fathul qorib yang dianggap memiliki kesulitan yang tinggi. Sedangkan di MADIN lain, seperti MADIN Muhajirin di dukuh Sadang dan MADIN Ann-Nur dalam pembelajaran fiqih menggunakan terjemahan kitab Fathul Qorib. Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib. 2)untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fiqih dengan kitab Fathul Qorib di Madrasah Diniyyah Infarul Ghoyyi Bangle Tanon Tanon Sragen tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dilaksanakan di Madrasah Diniyyah Salafiyyah Infarul Ghoyyi Bangle Tanon Tanon Sragen pada bulan Januari 2018- Agustus 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah ustadz dan santri kelas 5 MADIN Salafiyyah Infarul Ghoyyi. Sedangkan informannya yaitu, kepala madrasah dan pengurus di MADIN Salafiyyah Infarul Ghoyyi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan setiap hari Kamis dan Minggu pada pukul 14.30 WIB sampai 16.30 WIB.Kegiatan pembelajaran pada pembukaan, ustadz mengucapkan salam dan tawasul dengan membaca al fatihah secara bersama-sama. Selanjutnya kegiatan inti. Ustadz membacakan materi kemudian menerjemahkan dalam bahasa jawa selanjutnya santri menyimak dan memaknai pada kitab masing-masing. Kegiatan penutup, santri membaca surat al asr‟ secara bersama-sama dan diakhiri dengan salam. 2) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran, diantaranya faktor pendukung tersebut adalah semangat santri dalam memperdalam ilmu agama, kemampuan pendidik dalam mengelola kelas. Sedangkan faktor penghambatnya ialah, kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, keterbatasan alokasi waktu, munculnya rasa malas pada diri santri. Adapun evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi harian dengan cara santri diminta untuk maju membacakan dan memaknai dengan bahasa jawa yang ditulis dengan huruf pegon dan diadakan ulangan akhir semester

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:58
Last Modified: 27 Dec 2018 03:58
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item