PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN DI SDIT TAQIYYA ROSYIDA KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN 2017/2018

Ependi, Arifin and Choiriyah, siti (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN DI SDIT TAQIYYA ROSYIDA KARTASURA, SUKOHARJO TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ARIFIN EFENDI.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan Pendidikan maka, sudah sewajarnya apabila pimpinan tertinggi dalam sebuah satuan pendidikan menjalankan perannya dengan baik demi meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada mutu pendidikan agama Islam seperti yang telah dilaksanakan di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura dengan berbagai kegiatan program unggulan sehingga tujuan utama penelitian ini adalah mendiskripsikan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Program Unggulan di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura, Sukoharjo pada bulan September 2017 sampai Maret 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Wakakurikulum, Guru pendidikan agama Islam, wali murid dan siswa-siswi SDIT Taqiyya Rosyida, Kartasura. Data dikumpulkan dengan metode Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Adapun Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber data dan metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan Analisis Interaktifdengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa peran Kepala Sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui program unggulan di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. 1). Sebagai Inovator diantaranya memasukan program AQT dalam mata pelajaran, Membuat tim khusus AQT, Pembelajaran BTA menggunakan metode Wafa’, Bioskop Edukasi , Program khusus 6 Juz dan 3 Juz, Opening class, Program POMG. 2). Sebagai Motivator, memberikan apresiasi dan reward bagi guru yang berhasil membimbing peserta didik yang mengikuti suatu lomba atau kompetesi yang berhasil mendapatkan juara., 3).Sebagai Manager, merencanakan penambahan sarana dan prasarana dalam setiap tahunnya. Upaya dan peran selanjutnya adalah kaitannya dengan proses peningkatan mutu Pendidikan agama Islam melalui program unggulan adalah kepala sekolah senantiasa melakukan pengontrolan dan memberikan evaluasi terhadap terhadap pelaksanaan program unggulan tiap bulannya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:58
Last Modified: 17 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item