PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 03 NANGSRI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Rusita, Evi and Mashar, Ali (2018) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 03 NANGSRI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
EVI RUSITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evi Rusita, 2018, Penerapan Metode Course Review Horay (CRH) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 03 Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Ali Mashar,S.Pd.I, M.Hum Kata Kunci: Metode Course Review Horay Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas siswa di SD Negeri 03 Nangsri beranggapan matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, guru kurang menguaai metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya jam pelajaran, sebagian besar siswa di kelas IV tidak berpartisipasi aktif ketika pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Course Review Horay (CRH) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Course Review Horay (CRH) pada pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 03 Nangsri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Nangsri. Subjek penelitian adalah Guru kelas IV SD Negeri 03 Nangsri, sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut diatas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkans secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber, pengumpulan data, dan teori. Data yang terkumpul kemudian di analisa dengan mencakup empat kegiatan yang bersamaan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Course review horay (CRH) yang dilakukan guru di lapangan ada 10 langkah kegiatan pembelajaran. Namun langkah yang pertama, keempat, dan kesembilan berbeda dengan teori dari Miftahul Huda. Adapun faktor pendukung penerapan metode CRH yaitu, kecakapan yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan materi dan menerapkan metode CRH, adanya interaksi yang baik yang dibangun guru dengan siswa, serta upaya guru dalam membangkitkan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode CRH yaitu, perlunya alokasi waktu yang relatif banyak, minimnya tingkat pengetahuan dan wawasan guru, dan juga membutuhkan persiapan yang lebih terprogram dan sistemik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:56
Last Modified: 27 Dec 2018 03:56
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item