UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN BAGI SISWA KELOMPOK B TK PERTIWI 3 PULUTAN NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Islamiyati, Dina and Subandji, Subandji (2018) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN BAGI SISWA KELOMPOK B TK PERTIWI 3 PULUTAN NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
DINA ISLAMIYATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dina Islamiyati, Upaya Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelompok B TK Pertiwi 3 Pulutan, Nogosari, Boyolali Tahun Pelajaran2017/2018. Skripsi : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juni 2018. Pembimbing : Drs. Subandji, M.Ag. Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini, dan Metode Bermain Peran. Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik kurang memperhatikan dan kurang memberi stimulus perkembangan sosial emosional anak usia dini, sehingga ada gejala yang membuat anak usia dini kesulitan untuk berinteraksi maupun bermain kelompok bersama teman-temannya. Serta ada gejala yang membuat anak usia dini kurang percaya diri ketika berhadapan dengan anak yang lainnya. Biasanya hal ini membuat anak menjadi pasif ketika didalam maupun diluar kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Pertiwi 3 Pulutan, Nogosari, Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang menerima tindakan adalah siswa TK Pertiwi 3 Pulutan Kelompok B dengan jumlah 20 anak dan subyek yang melaksanakan tindakan adalah guru Kelompok B yang berkalobarasi dengan peneliti. Data dikumpulkan dengan teknik observasi (check list dan catatan anekdot), wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan cara membandingkan data yang diperoleh dari kondisi awal, siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I, siklus II pertemuan II. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika memperoleh minmal pada presentase 80% dari jumlah keseluruhan siswa. Rancangan prosedur penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pelaksanaan pengamatan, (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini kelompok B pada TK Pertiwi 3 Pulutan Nogosari Boyolali Tahun pelajaran 2017/2018, hal ini terbukti pada pada Siklus I pertemuan I mulai meningkat menjadi 55%. Kemudian pada Siklus I pertemuan II meningkat mencapai 60%. Kemudian pada Siklus I pertemuan II meningkat mencapai 65%. Kemudian pada Siklus I imeningkat mencapai 90% . Hal ini menunjukkan ada peningkatan dari siklus I pertemuan I dan II ke siklus II pertemuan I dan II.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:53
Last Modified: 27 Dec 2018 03:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item