PEMBELAJARAN THARIQAH ‘ALAWIYYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WIJIASTUTI, VURI and Sukirman, Sukirman (2018) PEMBELAJARAN THARIQAH ‘ALAWIYYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
1. File Skripsi-Vuri Wijiastuti-143111232.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Thariqah adalah sebuah metode atau jalan yang ditempuh oleh seseorang dalam mendekatkan diri kepada Allah swt. Istilah thariqah sering dinilai sebagai suatu ritual yang dilakukan oleh orang-orang tertentu yaitu bagi mereka yang telah mencapai tingkatan keilmuan islam yang tinggi ,atau pada umumnya mereka yang sudah dewasa karena banyaknya maksiat yang telah dilakukan. Namun terdapat sebuah lembaga pendidikan yaitu SMP Islam Diponegoro Surakarta yang menganggap bahwa thariqah perlu dikenalkan sejak dini, terutama pada usia remaja yang cenderung mulai terpengaruh oleh perkembangan zaman yang akan berdampak pada akhlak remaja. Pengenalan thariqah tersebut dilakukan melalui pembelajaran thariqah ‘Alawiyyah sebagai upaya pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran thariqah ‘Alawiyyah dalam pembentukan akhlak siswa di SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Diponegoro Surakarta bulan Februari sampai dengan Agustus 2018. Subjek penelitiannya adalah Ustadz mata pelajaran thariqah ‘Alawiyyah. Sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dalam pembentukan akhlak siswa dilaksanakan melalui 3 tahapan: 1)Pembukaan, meliputi salam, bertawashul, berdoa, membaca dzikir ratibul haddad, dan apersepsi. 2) Kegiatan inti, meliputi penyampaian materi berdasarkan kitab adab sulukil murid pada pasal ketiga, kelima, kesembilan, kedua belas, dan ketiga belas. 3) Penutup, meliputi penyampaian kesimpulan, memberikan nasehat, membaca doa kafaratul majlis dan salam. Guru melakukan evaluasi dengan observasi langsung terhadap akhlak siswa disetiap harinya dan dicantumkan dalam nilai rapot siswa. Akhlak siswa yang terbentuk meliputi: akhlak kepada Allah swt, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan. Beberapa metode yang diterapkan dalam pembelajaran thariqah untuk pembentukan akhlak siswa diantaranya adalah metode cerita, nasehat, pembiasaan, keteladanan, perhatian dan hukuman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:48
Last Modified: 27 Dec 2018 03:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item