HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MAN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

BAIDHAH, UMI and Hardi, hardi (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI DI MAN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
UMI BAIDHAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah minat belajar. Kurangnya minat belajar sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat Belajar siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. (2) Prestasi Belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. (3) Adakah hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Klaten pada bulan Februari s/d Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 313 siswa dengan sampel sebanyak 176 siswa menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat Belajar siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018 dikategorikan sedang yaitu sebesar 65,35%. Rata-rata yang diperoleh sebesar 96,72, median 97,48, modus 99,19 dan standar deviasi 13,68. (2) Prestasi Belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018 dikategorikan sedang yaitu sebesar 68,76%. Rata-rata yang diperoleh sebesar 58,93, median 59,32, modus 60,09 dan standar deviasi 11,38. (3) Berdasarkan rumus korelasi Product Moment diketahui bahwa rhitung sebesar 0,623. Sedangkan rtabel dengan n = 176 adalah 0,344. Karena rhitung (0,623) lebih besar dari pada rtabel (0,344), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:48
Last Modified: 27 Dec 2018 03:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item