PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI SOSIAL ANAK ASUH MARDHATILLAH POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN 2018

Nurhaya, Siti and Alwiyah, Noor (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI PANTI SOSIAL ANAK ASUH MARDHATILLAH POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN 2018. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
SITI NURHAYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam yang pertama bagi anak merupakan tanggung jawab keluarga yaitu orangtua sebagai pendidik. Namun sebagian anak kehilangan salah satu atau kedua orangtuanya karena meninggal dunia dan berasal dari keluarga miskin, sehingga mereka dititipkan di panti asuhan. PSAA Mardhatillah merupakan salah satu yayasan yang menerima anak-anak kurang beruntung tersebut untuk diberikan pelayanan pengasuhan. PSAA Mardhatillah memberikan perhatian dalam pemenuhan pendidikan Islam bagi anak asuhnya melalui kegiatan keagamaan. Sehingga beberapa anak asuhnya pernah memperoleh berbagai prestasi di bidang keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan di panti putri PSAA Mardhatillah Polokarto Sukoharjo tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di PSAA Mardhatillah Polokarto Sukoharjo pada bulan Desember 2017 sampai Agustus 2018. Subjek penelitian ini adalah pengurus bagian ke-Islaman dan informan penelitian adalah ketua panti, pengasuh, asisten pengasuh, dan anak asuh putri PSAA Mardhatillah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Islam di PSAA Mardhatillah adalah dilakukan melalui kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan di PSAA Mardhatillah yaitu salat berjamaah, doa bersama, membacaAl-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, danmuhadharah. Salat berjamaah untuk menanamkan pendidikan keimanan dan akhlak, dengan menerapkan metode pembiasaan dan keteladanan. Doa bersama untuk menanamkan pendidikan keimanan dan sosial/akhlak, dengan menerapkan metode nasihat dan pembiasaan. Membaca Al-Qur’an untuk menanamkan pendidikan keimanan, dengan menerapkan metode pembiasaan dan keteladanan. Menghafal Al-Qur’an untuk menanamkan pendidikan keimanan, dengan menerapkan metode praktik dan pembiasaan. Muhadharah untuk menanamkan akhlak yang baik yaitu percaya diridan siap berdakwah ketika di masyarakat. Kegiatan muhadharah ini menerapkan metode praktik, hukuman, dan pujian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:48
Last Modified: 27 Dec 2018 03:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item