PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

FARCHA ROHMAH, LINA and Muharom, Fauzi (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
LINA FARCHAR R.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. kinerja guru tidak akan berkembang manakala tidak dibarengi dengan program-program yang mendukung. Kinerja guru memiliki hubungan dengan mutu pembelajaran. Dalam praktiknya kepala madrasah telah melaksanakan program untuk meningkatkan kinerja guru agar guru mampu menyampaikan pembelajaran dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 2 Karanganyar Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di MTsN 2 Karanganyar pada bulan januari – Agustus 2018 subjek dari penelitian ini adalah kepala MTsN 2 Karanganyar, sedangkan yang menjadi informan adalah wakil kepala madrasah, dan guru di MTsN 2 Karanganyar. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis ini menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kesimpulan diatas adalah peran kepala madrasah sebagai leader kepala madrasah mampu memberi petunjuk dan meningkatkan kemampuan guru dengan melaksanakan kegiatan seperti: Mengadakan lokakarya pembuatan RPP dan Mengadakan evaluasi secara berkala berdasarkan hasil supervisi. Peran kepala madrasah manajer yaitu mampu melaksanakan pemeliharaan dan pengembangan profesi guru seperti: a)Mengefektifkan MGMP, b)Mengirim guru untuk mengikuti seminar atau workshop,c)Mengadakan evaluasi secara berkala berdasarkan hasil supervisi. Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam hal ini kepala madrasah harus mengetahui kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dengan mengadakan supervisi didalam KBM. Peran kepala sebagai edukator selain mendidik siswa jiga meningkatkan pembelajaran dan pengembangan kurikulum dengan mengadakan kegiatan seperti: Mengadakan lokakarya pembuatan RPP dan mengirim guru untuk mengikuti seminar atau worshop peningkatan kompetensi guru. Peran kepala madrasah sebagai leader kepala madrasah mampu memberi petunjuk, pengawasan dan meningkatkan kemampuan guru, adapun kegiatan yang dilakukan seperti: a)Mengadakan lokakarya pembuatan RPP,b)Evaluasi dengan guru secara berkala berdasarkan hasil supervisi, c)Meningkatkan kedisiplinan. Peran kepala madrasah sebagai administrator, membantu perencanaan dan penilaian berdasarkan SKP.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 07:27
Last Modified: 26 Dec 2018 07:27
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item