PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL AMIN DUKUH CEMETUK KELURAHAN LOROG KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2017/2018

HASTUTI, RETNO DWI and Choiriyah, siti (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL AMIN DUKUH CEMETUK KELURAHAN LOROG KECAMATAN TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
RETNO DWI HASTUTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Retno Dwi Hastuti (11.31.1.2.041) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Di Taman Pendidikan Qur’an Al Amin Dukuh Cemetuk Kelurahan Lorog Tawangsari Sukoharjo, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakart, Desember 2017. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Masalah dalam penelitian ini adalah Taman Pendidikan Qur‟an pelaksanaan proses belajar mengajar masih bersifat monoton dengan guru memberikan penjelasan dan anak-anak selaku peserta didik hanya diam memperhatikan. Metode pengajaran semacam itu cenderung membuat peserta didik bosan, dan mengalihkan perhatian pada kegiatan lainnya, sehingga dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar di TPQ. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif di taman pendidikan Qur‟an Al Amin Tawangsari Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriftif. Tempat penelitian ini di Taman Pendidikan Qur‟an Al Amin Tawangsari Sukoharjo. Waktu penelitian pada bulan Maret-Juli 2017. Subjek penelitian ini adalah ustadz, ustadzah dan santri. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala TPQ Al Amin. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Pelaksanaan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif di Taman Pendidikan Qur‟an Al Amin Tawangsari Sukoharjo adalah menggunakan strategi Jigsaw Learning yang diterapkan untuk sebagian materi tarikh dengan langkah-langkah penerapan yang disederhanakan, Small Group Discussion dengan media audio visual yang diterapkan untuk sebagian materi sholat dengan langkah-langkah yang lebih disederhanakan, Picture and picture yang diterapkan untuk sebagian materi thoharoh dengan langkah-langkah yang lebih disederhanakan, Index Card Match yang diterapkan untuk sebagian materi tajwid dengan proses penerapan yang lebih disederhanakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:12
Last Modified: 26 Dec 2018 01:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item