INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD AISYIYAH UNGGULAN GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018

SHOLIKAH, MAR'ATUS and MASHAR, ALI (2018) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD AISYIYAH UNGGULAN GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mar'atus Sholikah NIM 143141044. Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Ali Mashar, S.Pd.I, M.Hum Kata Kunci: Karakter Disiplin Disiplin merupakan salah satu akhlak terpuji manusia. Disiplin siswa adalah bentuk ketaatan dan kepatuhan siswa terhadap peraturan yang berlaku, kepatuhan dengan kesadaran diri siswa bukan dari keterpaksaan. Kenyataan yang terjadi pada lingkungan sekolah adalah kurangnya sikap disiplin siswa dan rasa tanggung jawab dalam menjalankan peraturan di sekolah, datang terlambat, memakai atribut tidak lengkap, tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Hal tersebut merupakan dasar dalam penanaman watak dan kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan metode internalisasi pendidikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi pendidikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif tentang internalisasi pendidikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. Waktu penelitian dilakukan bulan Januari-Mei 2018. Subyek penelitian adalah Guru wali kelas seperti guru kelas I, III, V, VI. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I, III, V, VI dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data dengan triangulasi. Untuk teknik analisis data dengan model analisis interaktif dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode internalisasi pendidikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong, didalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pembiasaan, mengadakan kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari di sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menginternalisasikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong secara konsisten, (2) keteladanan, kegiatan pendampingan yang dilakukan guru sebagai contoh atau tauladan (3) Reward/sanksi, hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong dan mempercepat proses internalisasi karakter disiplin. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi pendidikan karakter disiplin siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong adalah adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ada siswa yang bermalas-malasan dan kurang tanggung jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Dec 2018 01:09
Last Modified: 26 Dec 2018 01:09
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2488

Actions (login required)

View Item View Item