IMPLEMENTASI MARKETING PENDIDIKAN DI TAMAN KANAKKANAK (TK) AISYIYAH GANTEN, KERJO, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Sholihah, Maratu and Suparmin, Suparmin (2018) IMPLEMENTASI MARKETING PENDIDIKAN DI TAMAN KANAKKANAK (TK) AISYIYAH GANTEN, KERJO, KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
MAR'ATUN SHOLIHAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mar’atu Sholihah, 143131008, Implementasi Marketing Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. H. Suparmin, M. Pd Kata kunci: Marketing pendidikan, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kaitannya dengan pemasaran lembaga pendidikan terutama sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) mutlak perlu menawarkan berbagai jenis layanan pendidikan kepada pasar dengan tujuan untuk meyakinkan masyarakat dan “pelanggan pendidikan” (peserta didik, orang tua serta masyarakat) bahwa lembaga pendidikan yang dikelola masih tetap eksis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengenalan produk jasa pendidikan belum maksimal namun mampu menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke TK Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar serta belum optimalnya dalam memanfaatkan media sosial untuk proses pemasaran lembaga TK Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Marketing Pendidikan pada Produk Jasa dan Promosi di TK Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar pada Tahun 2017/2018 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di TK Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar pada bulan Oktober 2017-April 2018. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah TK Aisyiyah Ganten sedangkan informan dari penelitian ini adalah Guru TK Aisyiyah Ganten, Wali murid beserta masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang tempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi marketing pendidikan di TK Aisyiyah Ganten dengan pengenalan produk alumni dengan prestasi yang pernah diraih selama bersekolah di TK Aisyiyah Ganten seperti ketika mengikuti kegiatan lomba. TK Aisyiyah Ganten mempunyai berbagai standar kompetensi kelulusan siswa guna mendidik anak dan ketika lulus mempunyai bekal ilmu. Implementasi Marketing Pendidikan sangat diperhatikan di TK Aisyiyah Ganten karena untuk menarik minat masyarakat serta mendidik siswa supaya berakhlak baik, selalin itu pihak lembaga TK Aisyiyah Ganten menugaskan semua guru dan bahkan kepala sekolah untuk melaksanakan promosi lembaga di masyarakat maupun saudara, sehingga marketing di TK Aisyiyah Ganten berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 17 Dec 2018 01:51
Last Modified: 17 Dec 2018 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item