PELAKSANAAN FATWA DSN MUI NO.75 TAHUN 2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH PADA SISTEM PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG DI PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA

Susanto, Mirawati and Aminuddin, Muhammad Zumar (2018) PELAKSANAAN FATWA DSN MUI NO.75 TAHUN 2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH PADA SISTEM PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG DI PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Mirawati Susanto Putri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mirawati Susanto Putri, NIM 142111087, “PELAKSANAAN FATWA DSN MUI NO.75 TAHUN 2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARIAH PADA SISTEM PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG DI PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA.” Multi Level Marketing adalah suatu konsep penyaluran barang (produk/jasa tertentu) yang memberi kesempatan kepada para konsumen untuk turut terlibat sebagai penjual dan menikmati keuntungan di dalam garis kemitraannya/sponsorisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Fatwa DSN MUI N0.75/DSN/MUI.VII/2009 di PT. Natural Nusantara Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dari wawancara langsung dengan divisi Technical Service and Public Relation PT. Natural Nusantara. Analisis dalam pembahasan ini adalah analisis deskriptif analitis.Sistem penjualan langsung berjenjang di PT. Natural Nusantara sejauh ini sudah sesuai dengan persyaratan perusahaan yang menjalankan dengan sistem multi level marketing, bahkan di dalamnya sudah dditanamkan prinsip syariah meskipun pada kenyataannya perusahaan tersebut termasuk perusahaan umum.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penjualan langsung berjenjang di PT. NASA menggunakan sistem yang memberikan bonus kepada para distributor berdasarkan hasil penjualan produk tanpa mengurangi jumlah keuntungan yang dimiliki downlinenya dan pelaksanaan penjualan langsung berjenjang di PT. Natural Nusantara Yogyakarta sudah sesuai dengan 12 ketentuan hukum yang tercantum d alam Fatwa DSN MUI N0.75 tahun 2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. Kata kunci: multi level marketing, multi level marketing syariah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah Muamalah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 17 Dec 2018 01:51
Last Modified: 17 Dec 2018 01:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item