NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TEKS SANDI RACANA PRAMUKA PANDEGA IAIN SURAKARTA TAHUN 2017

ASMI, YULIANA and CHOIRIYAH, SITI (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TEKS SANDI RACANA PRAMUKA PANDEGA IAIN SURAKARTA TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
YULIANA ASMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliana Asmi, 14.31.1.1117, Mei 2018, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Teks Sandi Racana Pramuka Pandega IAIN Surakarta Tahun 2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Akhlak, Sandi Racana Pendidikan akhlak merupakan sebuah pendidikan yang mengaitkan manusia dengan dasar-dasar keimanan, membimbing manusia berperilaku di dalam kesehariannya yang bersumebr pada Al-Qur‟an dan hadits. Pendidikan akhlak haruslah ditanamkan sejak dini kepada setiap orang untuk mengawali jalan hidupnya. Pendidikan akhlak salah satunya dapat dilakukan melalui pendidikan kepramukaan yang dilakukan berdasarkan lima ranah pengembangan gerakan pramuka yaitu ranah spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Sedangkan Teks Sandi Racana Pramuka Pandega IAIN Surakarta hadir sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki akhlak bangsa Indonesia melalui pesan-pesan yang tersirat di dalamnya kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Teks Sandi Racana Pramuka Pandega IAIN Surakarta Tahun 2017. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dimana semua data bersumber dari kepustakaan baik data primer ataupun sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi.Teknik keabsahan data yang digunakan berupa wawancara sistematur dan triangulasi teori. Selanjutnya, untuk analisis teknik analisis data penulis menggunakan analisis isi dan analisis wacana. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam teks sandi racana sebanyak tigabelas nilai yang terbagi dalam lima ranah. Ranah pertama yaitu akhlak kepada Allah berupa syukur yang terdapat pada bait pertama baris satu sampai empat, dzikrullah terdapat pada bait pertama baris ke tiga sampai empat, taubat terdapat pada bait pertama baris ke enam sampai delapan, takwa terdapat pada bait ke tiga, dan ikhlas yang terdapat pada bait ke tujuh.Ranah kedua akhlak kepada Rasulullah berupa kasih sayang yang terdapat pada bait ke enam baris ke empat dan lima dan gemar ber infak yang terdapat pada bait ke sembilan. Ranah ke tiga akhlak terhadap diri sendiri berupa berbuat baik yang terdapat pada bait ke lima, sabar yang terdapat pada bait ke delapan dan amanah yang terdapat pada bait ke delapan. Ranah ke empat akhlak kepada tetangga dan masyarakat berupa tolong menolong yang terdapat pada bait ke tujuh baris ke dua dan amar ma’ruf nahi mungkar yang terdapat padabait ke tiga. Ranah ke lima akhlak kepada lingkungan berupa menjaga kelestarian lingkungan yang terdapat pada bait ke empat baris ke dua.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 14 Dec 2018 06:35
Last Modified: 14 Dec 2018 06:35
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item