AN ANALYSIS ON PEER LEARNING ACTIVITY IN SUPPLEMENTARY INSTRUCTION OF MUHAWWAROH IN TEACHING AND LEARNING SPEAKING FOR STUDENTS OF PENDIDIKAN PESANTREN ISLAM AL MUKMIN (PPIM) NGRUKI SUKOHARJO IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

Syifak, Syifak and Santoso, Rochmat Budi (2017) AN ANALYSIS ON PEER LEARNING ACTIVITY IN SUPPLEMENTARY INSTRUCTION OF MUHAWWAROH IN TEACHING AND LEARNING SPEAKING FOR STUDENTS OF PENDIDIKAN PESANTREN ISLAM AL MUKMIN (PPIM) NGRUKI SUKOHARJO IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Suarakarta.

[img]
Preview
Text
Syifak.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syifak. 2017. Analisis pada Aktivitas Tutor Teman Sebaya dalam Kegiatan Tambahan Muhawwaroh dalam Pembelajaran Speaking bagi Murid Pendidikan Pesantren Islam Al Mukmin (PPIM) Ngruki Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Advisor : Rachmat Budi Santoso, S.Pd, M.Pd Key words : Analisis, Tutor Teman Sebaya, Kegiatan Tambahan, Pengajaran dan Pembelajaran Speaking Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan aktivitas tutor teman sebaya dalam kegiatan tambahan Muhawwaroh, kelebihan dan kelemahan kegiatan tambahan Muhawwaroh, permasalahan yang terjadi ketika Muhawwaroh berlangsung, dan bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan bagaimanakah penerapan aktivitas tutor teman sebaya dalam kegiatan tambahan Muhawwaroh, kelebihan dan kelemahan kegiatan tambahan Muhawwaroh, permasalahan yang terjadi ketika Muhawwaroh berlangsung, dan mendeskripsikan bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskripsi. Subjek dari penelitian adalah murid-murid Pendidikan Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki yang etrdiri dari enam murid, tiga tutor, dan satu guru yang menjadi pembimbing kegiatan Muhawwaroh. Tehnik pengumpulan data antara lain; observasi, interview, dan data/dokumen. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah; pengumpulan data, menyerap data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa; penerapan aktivitas tutor teman sebaya melalui beberapa langkah; pembukaan, materi inti, dan penutup, materi Muhawwaroh, evaluasi dan pengaturan kelas. Kelebihan kegiatan Muhawwaroh adalah kegiatan yang menyenangkan dan kegiatan tutor teman sebaya. Kelemahan kegitan Muhawwaroh adalah tidak adanya kurikulum dan silabus. Permasalahan yang terjadi ketika kegiatan Muhawwaroh terbagi menjadi dua yaitu; permasalahan tutor dan permasalahan murid permasalahan tutor adalah persiapan yang kurang, kesalahan pengucapan kata, dan kurangnya inovasi. Permasalahan murid adalah rendahnya rasa percaya diri, kesalahan kosakata, salah pengucapan kata, dan kurangnya motivasi. Solusi untuk permasalahan tutor adalah pemimpin bagian bahasa mengingatkan anggotanya, mempelajari materi dengan baik, dan mencari ide-ide baru. Solusi untuk permasalahan murid adalah meneladani kepada yang lebih tua, daslam berbahasa, mengikuti kegiatan kosakata bahasa, mengingatkan jika terjadi kesalahan pengucapan dan pemberian hadiah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 400 Bahasa > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:48
Last Modified: 13 Dec 2018 01:48
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item