PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB BINA SEJAHTERA MOJOSONGO SURAKARTA.

Margiyanto, Margiyanto and Ernawati, Fetty (2017) PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB BINA SEJAHTERA MOJOSONGO SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Margiyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Strategi pembelajaran yang di gunakan dalam memberikan materi pembelajaran pendidikan agama Islam kurang tepat. Sehingga guru harus kreatif dalam memberi materi pelajaran agama Islam agar anak tunagrahita dapat mengerti mengenai perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam melalui sikap dan contoh dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan strategi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam yang tepat untuk anak Tunagrahita di SLB Bina Sejahtera Mojosongo Surakarta Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan di SLB Bina Sejahtera Mojosongo Surakarta pada bulan Juli sampai Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam. Informan dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran umum di SLB Bina Sejahtera Mojosongo Surakarta dan Kepala SLB. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengecekan keabahan data dilakukan dengan triangulasi metode, dan triangulasi sumber, selanjutnya data analisis dengan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pembelajaran bagi anak tunagrahita adalah: a) Kegiatan awal dimulai dengan membaca do’a lalu menanyakan kehadiran siswa dan meriew materi yang diajarkan pada pertemuan kemarin b) Kegiatan inti yaitu guru menjelaskan maksud tujuan dari pembelajaran. Selanjutnya guru menuliskan materi pokok yang akan diajarkan dengan diulang-ulang c) Pembelajaran materi disertai dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari d) Materi praktik wudhu dan tata cara sholat e) Kegiatan akhir yaitu guru memberikan kesimpulan yang singkat serta memberikan tugas yang ringan seperti menulis huruf hijaiyah, mengahal surat surat pendek.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:47
Last Modified: 13 Dec 2018 01:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item