HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS TADARUS AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA DI MTs AL-ISLAM GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Adawiyah, Robiyah Al and Suluri, Suluri (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS TADARUS AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA DI MTs AL-ISLAM GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
skrpisifull.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ROBI’AH AL ADAWIYAH, Maret 2018, Hubungan Antara Intensitas Tadaru Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual Pada Siswa di MTs AL-ISLAM Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Pembimbing: Drs. Suluri, M.Pd Kata Kunci: Tadarus Al-Qur’an, Kecerdasan Spiritual Pentingnya meningkatan kecerdasan dalam era grobalisasi khususnya keerdasan spiritual agar siswa dapat memaknai hidup dan menemukan kebahagiaan. Idealnya, jika siswa memiliki spiritual yang tinggi maka ia memilik kecerdasan spiritual yang tinggi, oleh karena itu diperlukan penelitian tentang “Hubungan antara Intensitas Tadarus Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Intensitas Tadarus Al-Qur’an. 2 Untuk mengetahui Kecerdasan Spiritual Siswa. 3) Untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Tadarus Al-Qur’an dengan Kecerdasan Spiritual pada siswa MTAl-Islam Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Dengan populasi 130 siswa dan sampel 97 siswa sesuai dengan tabel krecjie. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Uji validitas pada intensitas tadarus Al-Quran dinyatakan 23 butir instrument valid dan pada kecerdasan spiritual, 21 buti instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas pada intensitas tadarus Al-Qur’an, rhitun lebih besar dari rtabel.rhitung(0,912) > rtabel (0,444) maka reliabel. Dan kecerdasan spiritual siswa harga rhitung (0,839) > rtabel (0,444) maka reliabel. Uji normalitas pada intensitas tadarus AL-Qur’an dengan harga chi kuadrat hitung sebesar χ2hitun(0,648) > χ2 tabel (0,05) dikatakan normal. Uji normalitas pada kecerdasan spiritua χ2 hitung (0,855) > χ2 tabel (0,05) dikatakan normal. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) intensitas tadaru Al-Qur’an tergolong kategori rendah mencapai 11,3%, kategori sedang mencapa 57,8% dan kategori tinggi mencapai 30,9%. Sehingga dapat dikatakan intensita tadarus Al-Qur’an siswa masih sedang. Nilai rata-rata sebesar 58,13, nilai mediansebesar 58,00 dan modus sebesar 55 serta standar deviasi sebesar 13,176. 2 kecerdasan spiritual siswa dengan kategori sedang 82,3%, kategori rendah mencapai 2% dan kategori tinggi 11,2%. Sehingga dapat dikatakan kecerdasan spiritual siswa mengalami peningkatan yang diperoleh dari nilai rata-rata sebesa 67,08, nilai median sebesar 68 dan modus sebesar 70 serta standar deviasi sebesa 7,196. 3) Hasil koefisien korelasi diperoleh rhitung0,194, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai r table sebesar 0,166 dengan taraf signifikan 5% dan N= 97. Jadi rhitung > rtabel, maka hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan antara intensitas tadarus Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual pada siswa MTs Al-Islam Gondangrejo Karanganyasr Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Dec 2018 05:26
Last Modified: 04 Dec 2018 05:26
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item