MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYYAH MIFTACHUL HIKMAH DESA DENANYAR KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2014

FAJRIN, LATIFAH PERMATASARI (2015) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYYAH MIFTACHUL HIKMAH DESA DENANYAR KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2014. Masters thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
2015TS0008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Madrasah Diniyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam peningkatan pemahaman agama Islam. Pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh manajemen pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyyah Miftahul Hikmah Desa Denanyar kecamatan Tangen kabupaten Sragen, (2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pembelajaran, (3) Hambatan pelaksanaan manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Desa Denanyar Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen tahun 2014. Subjek penelitian ini adalah ustad dan santri Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah. Informan penelitian ini ialah ketua yayasan, pengurus, dan wali santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan interaktif model meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Desa Denanyar Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen tahun 2014 telah terlaksana, terbukti dari adanya unsur-unsur manajemen seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, (2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah adalah adanya semangat kerjasama dan kreativitas seluruh pengurus dan ustad di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah.(3)Faktor penghambat pelaksanaan Manajemen Pembelajaran adalah terbatasnya sarana-prasarana, waktu dan pendanaan. Kendala tersebut di atasi dengan memaksimalkan kerjasama serta kreativitas seluruh pengurus, ustad dan santri di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Madrasah Diniyyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email syihabumillamanan@gmail.com
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:04
Last Modified: 19 Feb 2016 07:30
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item