UPAYA GURU RUMPUN PAI DALAM MENANGGULANGI RADIKALISME DAN INTOLERANSI DI MAN KARANGANYAR TAHUN 2018

Sari, Yuni Nur Indah and Shodiq, Fajar (2018) UPAYA GURU RUMPUN PAI DALAM MENANGGULANGI RADIKALISME DAN INTOLERANSI DI MAN KARANGANYAR TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNI NUR INDASARI_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK YUNI NUR INDAH SARI, (14.331.308) Upaya Guru Rumpun PAI dalam Menanggulangi Radikalisme dan Intoleransi di MAN Karanganyar tahun 2018.SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Fajar Shodiq, M. Ag. Kata Kunci: Radikalisme, Intoleransi Banyaknya gerakan organisasi islam yang menimbulkan kekerasan dan mengarah kepada radikal mulai membawa doktrinnya yang intoleran ke dalam Madrasah. Siswa Madrasah aliyah yang tergolong usia remaja mudah menerima doktrin. Melihat hal tersebut diperlukan upaya seorang guru agar siswa tidak terjerumus kepada doktrin transnasional yang menimbulkan banyak konflik yang menyebabkan radikalisme dan intoleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat dan peran guru rumpun PAI dalam menanggulangi radikalisme dan intoleransi, untuk mengetahui upaya strategis guru rumpun PAI dalam menanggulangi radikalisme dan intoleransi dan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari upaya guru rumpun PAI dalam menanggulangi radikalisme dan Intoleransi pada siswa di MAN Karanganyar tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di MAN Karanganyar pada Januari 2018- Agustus 2018, dengan sumber penelitian guru rumpun PAI dan informan Kepala Madrasah, pembina KBIT dan siswa. Dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, metode dan waktu. Dengan langkah analisis reduction, display dan verification. Hasil dari penelitian yang dilakukan di MAN Karanganyar adalah sebagai berikut: 1) Radikalisme dan intoleransi bukan merupakan produk Islam tapi hasil dari kepentingan. Peran guru dalam menanggulangi radikalisme dan intoleransi dengan selalu membimbing, memotivasi, memfasilitasi siswa untuk selalu hidup rukun, mengajarkan toleransi dan cinta perdamaian. 2) Upaya yang dilakukan guru rumpun PAI di MAN Karanganyar dalam menanggulangi radikalisme dan intoleransi: a) melalui kegiatan dalam pembelajaran yaitu dengan memberi penjelasan lebih terkait materi terutama materi yang berkaitan dengan isu radikalisme dan intoleransi, meningkatkan minat baca, diskusi dan dialog, menambah sumber belajar, menanamkan nilai toleransi, melakukan koreksi dan kritisi terhadap media masa. b) Melalui kegiatan diluar pembelajaranyaitu guru ikut aktif dalam kegiatan keagamaan di Madrasah dengan menjadi pemateri dan pembina kegiatan keagamaan di Madrasah, kemudian guru juga ikut aktif dalam mengisi kajian di masyarakat sebab doktrin transnasional timbul berasal dari luar Madrasah. 3) Setelah dilakukan upaya oleh guru siswa mengerti adanya perbedaan. Tidak ada peserta didik yang terbawa kedalam kasus terorisme. Peserta didik tidak menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan. Peserta didik bersikap toleran dengan teman dan manusia di sekelilingnya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:04
Last Modified: 02 Nov 2018 08:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item