HUBUNGAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wardana, Suci Kusuma and Suluri, Suluri (2018) HUBUNGAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 2 KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Suci Kusuma W_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suci Kusuma Wardana: (143111094). 2018 Hubungan kebiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri MPd. Kata Kunci : Kebiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah dan Kedisiplinan Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi masih adanya siswa kurang peduli dalam mengikuti pembiasaan Sholat Dhuhur Berjama‟ah dan siswa kurang disiplin. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk Mengetahui tingkat Kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui hubungan kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen pada bulan Januari sampai bulan Mei 2018. Populasi penelitian sebanyak 172 siswa dan yang terpilih menjadi sampel 114 siswa. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan proprotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah angket untuk mengukur variabel kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah dan kedisiplinan siswa. Uji coba instrument kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah menghasilkan 22 valid. Sedangkan uji coba kedisiplinan siswa menhasilkan 24 valid. Perolehan data dari uji coba instrument diuji validitas dengan teknilk korelasi product Moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Uji reliabilitas kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah diperoleh (0,747) > (0,361) dan variabel kedisiplinan siswa diperoleh (0,768) > (0,361). Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan perhitungan mean, median, modus dan standard deviasi, untuk uji normalitas menggunakan liliefors. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan Product Moment. Hasil penelitian ini adalah Kebiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen tergolong dalam kategori sedang sebesar 52,63%. kedisiplinan siswa siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe Sragen tergolong dalam kategori sedang sebesar 48,24%. Hasil korelasi Product Moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,226 dengan p= 0,000. Sedangkan nilai rtabel dengan N= 114 dan taraf signifikasi 5% sebesar 0,195, sehingga rxy (0,226)> nilai rtabel (0,195) hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima yaitu Terdapat hubungan positif antara kebiasaan shalat Dhuhur berjamaah dengan kedisiplinan siswa artinya semakin tinggi kebiasaan shalat Dhuhur berjamaahnya maka semakin tinggi kedisiplinan siswanya dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:04
Last Modified: 02 Nov 2018 08:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item