PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE TILAWATI DI TPA BAABUSSALAM SONGGALAN, PAJANG, LAWEYAN,SURAKARTA TAHUN 2018

Pamungkas, Muhammad Arif and Assagaf, Jafar (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE TILAWATI DI TPA BAABUSSALAM SONGGALAN, PAJANG, LAWEYAN,SURAKARTA TAHUN 2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Muhammad Arif P_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arif Pamungkas, 2018, Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tilawati di TPA Baabussalam di dukuh Songgalan, Pajang, Laweyan, Surakarta Tahun 2018, skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Ja’far Assagaf, M.A. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode Tilawati. Membaca Al-Qur’an bagi kalangan awam bukanlah hal yang mudah, baik dewasa ataupun anak-anak pasti akan mengalami kesulitan. Apalagi sekarang ini perhatian orangtua kepada anaknya dalam mebaca Al-Qur’an sangatlah sedikit. Sehingga mengakibatkan anak belum mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah. Kurangnya metode yang tepat dan pendidik/ustadz yang kurang mumpuni juga mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu perkembangan metode di dalam belajar membaca Al-Qur’an adalah metode Tilawati. Metode tilawati merupakan metode belajar membaca Al-Aqur’an yang menggunakan nada-nada tilawah dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui indivual, sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat tuntas dan khatam dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di TPA Baabussalam dukung songgalan, Pajang , Laweyan, Surakarta Tahun 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di TPA Baabussalam dukuh Songgalan, Pajang, Laweyan, Surakarta bulan Februari 2018 sampai bulan Mei 2018.Subyek penelitian adalah ustadz metode Tilawati dan santri-santri di TPA Baabussalam . Metode pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pelaksanaan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPA Baabussalam dukuh Songgalan, Pajang, Laweyan, Surakarta adalah pelaksanaan membaca Al-Qur’an dengan pembiasaan membaca melalui pendekatan klasikal dan kebenaran membaca dengan pendekatan individual. Karakteristik dari metode tilawati ini adalah dengan menggunakan nada rost ( datar, naik, turun) dan menggunakan enam tahapan jilid tilawati dengan materi dan tujuan yang berbeda pada setiap jilidnya. Proses pelaksanaan metode tilawati ini dibagi menjadi 5 bagian, yaitu 1) do’a pembukaan, 2) praktik klasikal dengan 3 tehnik, 3) individual dengan tehnik baca simak, 4) pemberian materi penunjang, 5) do’a penutup.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:04
Last Modified: 02 Nov 2018 08:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item