PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N 6 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oktavia, Faninda and Suluri, Suluri (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N 6 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Faninda Oktavia_ Septi Wulan Sari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Faninda Oktavia. 2018. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N 6 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd Kata Kunci : Media VCD dan Media Konvensional, Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar mata pelajaran Al- Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs N 6 Boyolali rendah karena media pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besar motivasi belajar siswa menggunakan media konvensional dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs N 6 Boyolali. (2) mengetahui besar motivasi belajar siswa menggunakan media VCD dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs N 6 Boyolali. (3) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs N 6 Boyolali menggunakan media konvensional dan media VCD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, beralokasi di MTs N 6 Boyolali. Penelitian ini dilakukan mulai bulan bulan Januari sampai dengan April 2018, sampel dalam penelitian ini ada dua kelas dari total 7 kelas yaitu kelas VIII A – VIII G. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Dianalisa dengan uji t-tes untuk pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs N 6 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil ini disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar mata pelajaran Al- Qur'an dan Hadist siswa kelas VIII MTs N 6 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan media konvensional tergolong sedang (35,9%). (2) motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist siswa kelas VIII MTs N 6 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan media VCD tergolong sedang (47,1%). (3) Hasil analisis data dengan independent sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,072 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042. Karena nilai thitung sebesar 2,072 > ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikansi 5%, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist Siswa Kelas VIII MTs N 6 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan media konvensional dengan menggunakan media VCD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:03
Last Modified: 02 Nov 2018 08:03
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item