EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS VIII MTs NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Sarilah, Astria and Bisri, Moh (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS VIII MTs NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Astria Sarilah_Retno Wulandari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Astria Sarila Ningrum, 2018, Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Moh. Bisri, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran yang berdampak pada kurang memuaskannya prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII. Oleh karena itu, diperlukan alternatif penggunaan media audio visual dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII dalam pembelajaran yang menggunakan media audio visual; 2) prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII dalam pembelajaran yang menggunakan media visual; 3) efektivitas penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar mapel SKI kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, dan dilaksanakan di MTs Negeri Mlinjon Klaten pada bulan April s/d Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten yang berjumlah 202 siswa dengan sampel berjumlah 50 siswa dari 25 siswa kelas eksperimen yang mendapat treatment media audio visual dan 25 siswa dalam kelas control menggunakan media visual, dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Berdasarkan uji coba validitas tes prestasi belajar dari 30 soal, dapat diketahui menghasilkan 26 butir soal valid dan 4 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas prestasi belajar mapel SKI menggunakan rumus spearman brown diperoleh r hitung (0,899) > r tabel (0,388) maka reliabel. Teknik analisis unit meliputi: mean, median, modus dan standar deviasi. Uji prasyarat analisis meliputi: uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan menggunakan independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten tahun ajaran 2017/2018 yang diberi perlakuan dengan menggunakan media audio visual meningkat cukup signifikan; 2) Prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten tahun ajaran 2017/2018 yang menggunakan media visual tidak terjadi peningkatan; 3) Penggunaan media audio visual efektif meningkatkan prestasi belajar mapel SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Mlinjon Klaten tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Oct 2018 10:57
Last Modified: 31 Oct 2018 10:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item