UPAYA GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN USHUL FIQIH DI MAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HASANAH, ALDILA NURUL and Suluri, Suluri (2018) UPAYA GURU BERSERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN USHUL FIQIH DI MAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Aldila Nurul_-Fllorenta Fani D.A.P.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aldila Nurul Hasanah, 2018, Upaya Guru Bersertifikasi Dalam Pembelajaran Ushul Fiqih di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN SURAKARTA. Pembimbing: Drs. Suluri, M.Pd. Kata Kunci: Guru Bersertifikasi, Pembelajaran Ushul Fiqih Guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Untuk itu, peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan melalui upaya peningkatan kualitas guru. Sertifikasi guru sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru telah mendapat perhatian yang luar biasa. Tujuan awal sertifikasi adalah untuk meningkatkan mutu guru yang pada gilirannya dapat memengaruhi peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Mata pelajaran ushul fiqih merupakan salah satu mata pelajaran untuk mempersiapkan peserta didik menjadi muslim yang mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT yang mampu meletakkan kaidah hukum sesuai dengan nashnya. Karena begitu pentingnya pelajaran ushul fiqih bagi peserta didik, sudah seharusnya guru mampu meningkatkan mutu pembelajaran Ushul Fiqih menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bersertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran ushul fiqih di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di MAN 2 Surakarta pada bulan Januari-Mei 2018. Subjek penelitian ini adalah guru ushul fiqih, sedangkan informannya adalah kepala madrasah dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Data analisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran ushul fiqih adalah sebagai berikut: 1) guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) guru menggunakan metode diskusi, ceramah dan demonstrasi dalam proses pembelajaran. 3) pembelajaran yang di dukung dengan buku, papan tulis, lcd, gambar dan video. 4) penyampaian materi yang menyenangkan. 5) melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. 6) memberikan bimbingan atau konseling di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 31 Oct 2018 10:47
Last Modified: 31 Oct 2018 10:47
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item