PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP WOM RECOMMENDATION MELALUI SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS OBYEK WISATA MUSEUM SANGIRAN SRAGEN)

Pertiwi, Dian and Drs. H. Sri, Walyoto, MM., Ph.D. (2017) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP WOM RECOMMENDATION MELALUI SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS OBYEK WISATA MUSEUM SANGIRAN SRAGEN). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the influence of experiential marketing and service quality toward the wom recommendation with satisfaction as variables of mediation at the Sangiran Museum Sragen visitors. The population in this study is the visitors sangiran museum. Sampling technique using purposive sampling and obtained a sample of 100 respondents who had visited for the second times or more. This research variable use three variable of dependent variable, independent variable, and mediation variable. For the dependent variable (Y) of this study is the wom recommendation. For independent variables include: experiential marketing (X1) and service quality (X2) and madiation variables are satisfaction (Z). The method used quantytative research method. For the method of data analysis using multiple linear regression and path analysis. As for the program using the data with SPSS IBM Statistics 20.0 The results of this study indicate that, (1) experiential marketing has an effect on satisfaction. (2) the service quality has an affect the satisfaction. (3) satisfaction effect on wom recommendation. (4) experiential marketing has an effect on the recommendation. (5) sevice quality service has no direct effect on the wom recommendation. (6) experiential marketing and service quality has an effect on wom recommendation with satisfaction as mediation variable. Keywords: experiential marketing, service quality, satisfaction, wom recommendation ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kualitas pelayanan terhadap rekomendasi wom dengan kepuasan sebagai varibel mediasi pada pengunjung Museum Sangiran Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Museum sangiran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden yang pernah melakukan kunjungan ke Museum Sangiran minimal sebanyak dua kali. Variabel penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel dependen, variabel independen, dan variabel mediasi. Untuk variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah rekomendasi wom. Untuk variabel independen meliputi: experiential marketing (X1) dan kualitas pelayanan (X2) dan variabel madiasi adalah kepuasan (Z). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Untuk metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis path. Sedangkan untuk olah data menggunakan program IBM SPSS Statistik 20.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan. (2) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan. (3) kepuasan berpengaruh terhadap rekomendasi wom. (4) experiential marketingdan kualitaberpengaruh langsung terhadap rekomendasi. (5) kualitas pelayanan tidak berpengaruh langsung terhadap rekomendasi wom. (6) experiential marketingdan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap rekomendasi wom dengan kapuasan sebagai variabel mediasi. Kata kunci: experiential marketing, kualitas pelayanan, kepuasan, rekomendasi wom

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Economics
300 Ilmu Sosial > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Mar 2018 03:13
Last Modified: 26 Mar 2018 03:13
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item